Kamis, 06 Agustus 2015
Criminal Case, Menjadi Penegak Hukum di Dunia FB
Detail kasus, variasi TKP dan mekanisme permainan adalah aspek-aspek yang menjadi keunggulan dari Criminal Case.
RZK/MAR
Dibaca: 30869 Tanggapan: 8
Criminal Case, Menjadi Penegak Hukum di Dunia FB
Foto: www.criminalcase.com
Suatu waktu tertulis sebuah status di dinding Facebook pribadi Hendra seperti ini, “Hendra sedang menyelidiki sebuah kasus pembunuhan”. Di lain waktu tertulis, “Hendra telah memeriksa sebuah TKP” atau “Hendra mengidentifikasi seorang tersangka”.
 
Sekilas dari status-status yang tertulis, mungkin anda mengira Hendra adalah seorang penegak hukum. Mungkin polisi, jaksa, atau bahkan penyidik KPK yang sekadar hobi berbagi informasi seputar pekerjaannya kepada publik melalui laman media sosial paling populer di dunia, Facebook (FB).
 
Jika demikian perkiraan anda, maka anda salah! Ya, mungkin tidak bisa dikatakan salah 100 persen karena ketika menulis status-status tersebut, Hendra memang menjadi polisi. Tetapi, hanya di dunia maya. Di dunia nyata, Hendra adalah seorang karyawan swasta di Jakarta. Memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, Hendra memang hanya memiliki kesempatan menjadi polisi ketika dia memainkan permainan Criminal Case di FB.

Dikutip dari, www.criminalcase.com, Criminal Case adalah sebuah permainan detektif yang dikembangkan dan dipublikasi oleh Pretty Simple, sebuah perusahaan pencipta permainan asal Perancis. Criminal Case pertama kali dirilis pada 15 November 2012 untuk versi FB, 28 Agustus 2014 untuk versi iOS, dan 15 April 2015 untuk versi Android. Kabarnya, Criminal Case yang kini memasuki edisi ke-2. telah dimainkan oleh lebih dari 10 juta orang rata-rata per bulan. Makanya wajar jika Criminal Case dinobatkan sebagai “Facebook Game of the Year 2013”.
 
Jika bermain Criminal Case, anda akan memerankan figur seorang polisi yang bertugas memecahkan serangkaian kasus-kasus yang bisa dibilang cukup sadis,seperti pembunuhan. Aturan mainnya, semakin tinggi level anda dalam Criminal Case, maka permainan akan menjadi semakin sulit dan semakin memakan waktu untuk diselesaikan.
 
Dalam permainan ini, anda akan bertemu dengan David Jones, seorang polisi yang akan menjadi mitra sekaligus penasihat anda. Selain Jones, terdapat beberapa karakter utama lainnya antara lain Frank Knight (polisi), Jack Archer (agen rahasia), Amy Young (polisi), dan Samuel King (kepala polisi).
 
“Bergabunglah dengan Kepolisian Grimsborough untuk memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dalam game petualangan dengan item-item tersembunyi yang menawan ini. Mencari petunjuk di TKP, mewawancarai para saksi dan para tersangka serta menganalisa barang bukti untuk menangkap pembunuh yang sebenarnya,” demikian bunyi pengantar sekaligus ‘pancingan’ yang terpampang di halaman khusus Criminal Case di FB.
 
Setiap kasus terdiri dari beberapa tugas atau misi, tetapi Tempat Kejadian Perkara (TKP) menjadi sisi paling menarik dari game yang memiliki rating 4,5 dalam skala penilaian 5 ini. Di TKP lah barang-barang tersembunyi diletakkan sebagai bagian dari inti permainan. Pada setiap kasus, anda akan mendapatkan daftar objek untuk ditemukan di TKP, beberapa dari objek tersebut juga akan menjadi petunjuk.
 
Untuk memecahkan kasus, anda harus menemukan semua objek secepat mungkin,untuk mendapatkan sumber daya informasi yang paling berharga dalam permainan. Jangan khawatir, anda dapat kembali ke TKP beberapa kali sampai mendapatkan semua barang yang dapat dijadikan petunjuk kasus. Kecepatan anda dalam menemukan objek-objek yang tersembunyi akan sangat menentukan jumlah bintang yang akan diperlukan.
 
Semakin banyak bintang yang diperoleh maka akan sangat membantu anda dalam proses pengungkapan kasus. Dan, laiknya seorang polisi betulan, anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, memeriksa petunjuk dan melakukan otopsi.
 
Dari hasil pemeriksaan itulah, anda akhirnya akan memilih tersangka untuk ditahan. Apabila, anda menangkap orang yang tepat maka anda dianggap memecahkan kasus dan kasus berikutnya akan dimulai.
 
Secara umum, hukumonline menilai Criminal Case merupakan game yang cukup menarik. Detail kasus, variasi TKP dan mekanisme permainan adalah aspek-aspek yang menjadi keunggulan dari Criminal Case. Namun, jika melihat dari dominannya jenis-jenis kasus sadis seperti pembunuhan atau mutilasi, Criminal Case sepertinya memang hanya layak dimainkan oleh orang dewasa.
 
Sekadar catatan, pada 1 Oktober 2014, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat meluncurkan aplikasi informasi dan sosialisasi gratifikasi bernama "Gratis" yang dapat diakses melalui sistem Android dan IOS. Salah satu ‘menu’ yang terdapat dalam Gratis adalah permainan.
 
"Gratis adalah aplikasi untuk informasi dan sosialisasi untuk gratifikasi, bagi penyelenggara negara aplikasi ini merupakan informasi gratis yang bermanfaat sehingga bila menerima gratifikasi maka dapat melaporkan ke KPK maksimal 30 hari kalau tidak dapat diancam pidana sedangkan pihak swasta tidak lagi menggoda pejabat dan penyelenggara negara dengan uang pelicin atau pemberian fasilitas apapun," tutur Bambang Widjojanto dalam acara peluncuran Gratis, kala itu masih menjadi Wakil Ketua KPK .
CRIMINAL CASE MY FAVORITE
 - Lorrine Case
08.08.15 15:01
criminal case seru bangett, good luck CC ,, CRIMINAL CASE GaK ADa MatINYA
criminal case
 - aan
07.08.15 21:46
Sungguh Senangnya Saya Bermain Criminal case ;)
Bagus loh sangat bagus
 - netty Ejelina siahaan
07.08.15 16:40
ini salah satu permainan kesukaan saya di Fb jadi saya sangat suka sekali,mulai dari menyelidiki TKP dan selanjut ny.
wow
 - rangga eex
07.08.15 16:28
permainan hebat ath iemah
Kok Dinding saya Tidak pernah Masuk Iklan
 - Simonchristoper
07.08.15 15:29
Seharusnya Criminal Case saya Masuk dong
criminal chase
 - Faizal
07.08.15 15:10
Saya sangat suka criminal chase! karena gamenya yg seru,menantang dan kita akan seperti menjadi polisi!Apalagi ada rankingnya semakin bagus itu!Lagunya juga bagus!
criminal case
 - prasetiawan
07.08.15 14:38
sungguh hebat bermain criminal case.
criminal case
 - m munif ibrohim
07.08.15 13:22
sungguh hebat dan menyenangkan sekali bermain criminal case
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.