Kompetisi Inovasi Peradilan Akan Dimulai di HUT MA
Berita

Kompetisi Inovasi Peradilan Akan Dimulai di HUT MA

Ketua MA mengimbau kepada seluruh pengadilan untuk mendaftarkan sebanyak-banyaknya inovasi yang dimiliki.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Gedung MA. Foto: RES
Gedung MA. Foto: RES

Agustus selalu menjadi bulan spesial bagi Indonesia. Di bulan kedelapan ini, banyak momen-momen peringatan. Salah satunya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung (MA). Selang dua hari dari peringatan Hari Kemerdekaan RI, HUT MA jatuh pada tanggal 19 Agustus.

Tahun ini, MA akan genap berusia 70 tahun. Di momen peringatan HUT ke-70 nanti, secara resmi MA juga akan memulai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015. Rencana kompetisi sebelumnya pernah diutarakan Ketua MA M Hatta Ali ketika acara pelantikan para ketua pengadilan tingkat banding, beberapa waktu lalu.  

Sebelumnya diberitakan, Kompetisi Inovasi akan digelar sekira bulan Juni 2015 dan akan diumumkan pada bulan Oktober 2015. Namun, ternyata terjadi perubahan jadwal pelaksanaan.

Dikutip dari laman resmi MA, www.mahkamahagung.go.id, dijelaskan bahwa Kompetisi Inovasi merupakan salah satu bentuk upaya MA untuk mengapresiasi dan mendorong budaya berinovasi lembaga peradilan demi terciptanya kualitas pelayanan masyarakat yang lebih baik.

Kompetisi ini juga sejalan dengan amanat Pasal 4 ayat (2) UU Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, bahwa “Pengadilan membantu pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan”.

Dalam rangka pelaksanaan Kompetisi Inovasi ini, MA telah membentuk tim pengarah berdasarkan Keputusan Ketua MA Nomor 52/KMA/SK/V/2015 pada 6 Mei 2015. Tim pengarah diketuai oleh Ketua Kamar Pembinaan MA, Prof Takdir Rahmadi. 

Prof Takdir mengatakan Kompetisi Inovasi dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana implementasi UU Pelayanan Publik dan UU Keterbukaan Informasi Publik di setiap pengadilan seluruh Indonesia.

Tags:

Berita Terkait