Kaum Difabel Ajak Masyarakat Untuk Aksi Long March
Aktual

Kaum Difabel Ajak Masyarakat Untuk Aksi Long March

Oleh:
CR19
Bacaan 2 Menit
Kaum Difabel Ajak Masyarakat Untuk Aksi <i>Long March</i>
Hukumonline

Rencananya, pada Selasa (18/8) akan digelar aksi long march yang digagas oleh Koalisi Nasional Organisasi Disabilitas Untuk RUU Penyandang Disabilitas. Aksi ini dilakukan bertujuan untuk mengajak masyarakat agar terlibat secara langsung dan bersama-sama bergerak mewujudkan pembangunan kesejahteraan Indonesia yang inklusi.

Bertema “Parade Masyarakat Bergerak Untuk Disabilitas”, nantinya aksi ini akan diarahkan menuju ke lokasi yang telah direncanakan, yakni di Gedung DPR RI dan Istana Negara RI. Sekitar kurang lebih 500 orang direncanakan akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain itu, koalisi juga telah membuat petisi online guna meminta dukungan publik terkait dukungan pembahasan dan pengesahan RUU Penyandang Disabilitas.

Ketua Federasi Kesejahteraan Penyandang Cacat Tubuh Indonesia (FKPTCI), Mahmud Fasa mengatakan, per tanggal 13 Agustus 2015, sekitar 7800 orang telah menandatangani petisi di situs chance.org. “Mudah-mudahan sampai pada tanggal 18 di puncak aksi dari kegiatan kita, petisi sudah mencapai 10.000 lebih,” ujar Mahmud di Kantor Komnas Ham, Kamis (13/8).

Mahmud berharap nantinya agar aksi ini bisa didengar DPR. Sehingga dapat mempercepat proses persiapan RUU Penyandang Disabilitas dan segera mensahkannya menjadi usul inisiatif DPR pada awal masa sidang I tahun persidangan 2015-2016 paling lambat 31 Agustus 2015.

Tags: