Luhut Pangaribuan, Calon Tunggal E-Voting Ketua Umum PERADI
Berita

Luhut Pangaribuan, Calon Tunggal E-Voting Ketua Umum PERADI

Panja Munaslub janji akan menjaga independensi saat pemilihan.

Oleh:
RZK/RIA
Bacaan 2 Menit
Luhut MP Pangaribuan, Calon Tunggal E-Voting Ketua Umum PERADI. Foto: RES
Luhut MP Pangaribuan, Calon Tunggal E-Voting Ketua Umum PERADI. Foto: RES

“Berdasarkan SK Pimpinan Munaslub PERADI Rekonsiliasi memutuskan calon Ketua Umum PERADI 2015-2020 adalah calon tunggal DR Luhut MP Pangaribuan SH, LLM”.

Begitu bunyi pesan singkat dari panitia Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang diterima salah seorang advokat yang telah mendaftar untuk mengikuti proses pemilihan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) yang diselenggarakan secara e-voting oleh Caretaker PERADI Rekonsiliasi.

Sedianya, terdapat enam calon yang diundang oleh Kelompok Kerja Nasional. Melalui surat Nomor: 01/POKJA NASIONAL PERADI REKONSILIASI/VIII/2015 pada 4 Agustus 2015, mereka yang diundang adalah Hasanuddin Nasution, Juniver Girsang, Jamaslin James Purba, Luhut MP Pangaribuan, Humphrey Djemat, dan Fauzie Yusuf Hasibuan. Keenam nama ini adalah para kandidat yang muncul jelang Munas Makassar, Maret 2015 silam.

Dengan pengumuman yang menyatakan Luhut sebagai calon tunggal, maka otomatis lima kandidat lainnya tidak berpartisipasi dalam pemilihan. Sebagaimana diketahui, sebagian besar dari enam kandidat Ketua Umum DPN PERADI telah membentuk kepengurusan PERADI sendiri.

Mengklaim terpilih dalam Munas Makassar, Juniver Girsang dan Hasanuddin Nasution masing-masing menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020. Sementara, mengklaim terpilih dalam Munas lanjutan yang digelar di Pekanbaru, Fauzie Yusuf Hasibuan juga menjadi Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020. Informasi yang diperoleh hukumonline, Jamaslin James Purba ‘merapat’ ke kubu Fauzie.

Nama Humphrey sebenarnya sempat bersanding dengan Luhut mengatasnamakan Caretaker PERADI Rekonsiliasi. Namun, ternyata Humphrey pun tidak jadi maju menjadi dalam pemilihan Ketua Umum PERADI 2015-2020 yang digelar oleh Caretaker PERADI Rekonsiliasi.

Sebelumnya, Panja Munaslub berjanji akan menjaga independensi saat pemilihan dilakukan. Ketua Panja Munaslub Junaedi Sirait mengatakan independensi tersebut dapat diukur sendiri oleh para advokat di seluruh Indonesia dengan melihat langkah yang diambil panitia untuk bekerja sama dengan lembaga Teknologi Informasi/Information Technology (IT) independen, Onno Center.

Tags:

Berita Terkait