HKHPM Gelar Pelatihan Untuk Mahasiswa
Berita

HKHPM Gelar Pelatihan Untuk Mahasiswa

Agar mahasiswa hukum lebih mengenal standar profesi hukum di pasar modal.

Oleh:
CR19
Bacaan 2 Menit
Suasana acara workshop Legal Audit for Corporate Lawyers di Kampus FHUI, Sabtu (29/8). Foto: Twitter @lk2fhui
Suasana acara workshop Legal Audit for Corporate Lawyers di Kampus FHUI, Sabtu (29/8). Foto: Twitter @lk2fhui

Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM) menggelar pelatihan dan workshop bagi mahasiswa di Fakultas Hukum (FH) untuk mendalami hukum pasar modal. Ketua Umum, HKHPM Indra Safitri mengatakan, salah satu sasaran yang ingin dituju dari program ini nantinya adalah para junior lawyer saat menghadapi proses rekrutmen di kantor hukum atau law firm-law firm pasar modal.

“Program ini sebenarnya sudah lama kita rancang antara HKHPM dengan para mahasiswa. Pada waktu itu, kita pikir apa sih kebutuhan yang bisa kita berikan ke mahasiswa terkait dengan industri pasar modal,” ujar Indra saat memberikan sambutan di workshop ”Legal Audit for Corporate Lawyers” di kampus FH UI, Depok, Sabtu (29/8).

Indra menambahkan, program ini nanti diperuntukkan bagi mahasiswa semester akhir dan juga bagi para sarjana hukum yang baru lulus (fresh graduate). Harapan Indra dengan membuat program workshop seperti ini bisa membekali minimal para mahasiswa tersebut saat menjalani rekrutmen di kantor konsultan hukum. Selain itu, mahasiswa dan fresh graduate juga diharapkan sudah mempunyai bayangan seperti apa profesi konsultan hukum pasar modal.

”Syaratnya adalah program ini harus diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir atau mahasiswa yang baru lulus yang punya passion untuk terjun ke industri pasar modal,” sebutnya.

Sebagai informasi, HKHPM adalah organisasi profesi yang menaungi para advokat dan konsultan hukum yang melakukan praktik, kegiatan, atau jasa hukum di pasar modal dan sektor jasa keuangan. Kata Indra, untuk menjadi anggota HKHPM sebelumnya perlu untuk menjadi anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan lolos pada dua tahap ujian yang dilakukan oleh asosiasi profesi.

”Targetnya minimal ketika ada inteview di lawfirm besar yang membutuhkan junior lawyer sudah tahu standar profesi kita. Jadi tidak plongo-plongo saja waktu melamar,” jelasnya.

Indra menuturkan, secara umum anggota yang terdaftar di HKHPM adalah advokat senior dan berpengalaman. Untuk itu, ia benar-benar selektif dalam memilih narasumber yang akan menjadi pembicara dan menyampaikan pengalaman serta pengetahuannya sepanjang berpraktik di sektor pasar modal.

Tags:

Berita Terkait