Ini Delapan Capim KPK Lolos ke Fit and Proper Test
Utama

Ini Delapan Capim KPK Lolos ke Fit and Proper Test

Delapan nama tersebut dibagi empat bidang, pencegahan, penindakan, manajemen, supervisi dan monitoring. Masing-masing bidang terdapat dua calon.

Oleh:
RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Pansel Capim KPK saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka di Jakarta, Selasa (1/9). Foto: Setkab
Pansel Capim KPK saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka di Jakarta, Selasa (1/9). Foto: Setkab

[Versi Bahasa Inggris]

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah menyerahkan delapan nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Delapan capim tersebut telah dinyatakan lolos seleksi pendaftaran, makalah, profile assessment, wawancara dan tes kesehatan.

“Dari tahapan-tahapan seleksi, pendaftaran, makalah, profile assessment, wawancara, tes kesehatan, telah diserahkan pada saya delapan calon," kata Jokowi usai menerima Pansel KPK di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (1/9).

Jokowi mengungkapkan, delapan nama tersebut telah diseleksi berdasarkan intergitas, kompetensi, kepemimipinan (leadership), independensi dan juga pengalaman yang berkaitan. Menurutnya, delapan capim tersebut dibagi menjadi empat bidang, yakni berkaitan dengan pencegahan, penindakan, manajemen, supervisi dan monitoring.

Ia merinci, untuk bidang pencegahan adalah Saut Situmorang (staf ahli kepala BIN) dan Surya Chandra (Direktur Trade Union Center dan Dosen Unika). Bidang penindakan adalah Alexander Marwata (Hakim ad hoc Tipikor) dan Basaria Panjaitan (Polri). Sedangkan bidang manajemen adalah Agus Rahardjo (mantan Kepala LKPP) dan Sujanarko (Direktur Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja sama Antar Komisi dan Instansi KPK).

Sementara untuk bidang supervisi dan momitoring adalah Johan Budi SP (Pelaksana Tugas Pimpinan KPK) dan Laode Muhammad Syarif (Lektor Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan Senior Adviser Partnership for Govermance Reform in Indonesia).

Jokowi mengatakan, delapan nama capim ini akan segera diserahkan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). “Segera saya siapkan suratnya,” katanya.

Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti mengatakan, delapan nama yang diserahkan ke Presiden Jokowi adalah calon yang tidak memiliki catatan kriminal. Menurutnya, pansel tida bisa menjamin delapan capim tersebut telah bebad dari kasus korupsi apa tidak.

“Pansel tidak bisa menjamin seperti itu, tapi paling tidak apa yang kami pilih itu adalah nama yang memang tidak ada catatan-catatan kriminalnya. Jaminan kami adalah berdasarkan laporan atau pun catatan-catatan yang kami terima hingga kemarin (Senin 31/8),” kata Destry sebagaimana dilansir laman resmi Setkab.

Tags:

Berita Terkait