Budi Waseso Belum Tahu Isu Pencopotan Dirinya
Berita

Budi Waseso Belum Tahu Isu Pencopotan Dirinya

Polri menyatakan bahwa hingga kini Budi Waseso masih berkantor di Bareskrim.

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Kabareskrim Budi Waseso. Foto: RES
Kabareskrim Budi Waseso. Foto: RES

Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia Irjen Polisi Budi Waseso mengaku belum mengetahui kabar terkait pencopotannya atau pemutasian dirinya dari jabatan Kabareskrim. "Belum tahu (isu itu). Informasi dari siapa itu?" kata Budi Waseso sambil tersenyum, di kantor Bareskrim Mabes Polri di Jakarta, Rabu (2/9).

Budi Waseso yang menjabat Kabareskrim sejak awal 2015 mengatakan sampai saat ini masih melaksanakan tugas-tugasnya seperti biasa dan tidak terpengaruh adanya isu tersebut."Sampai saat ini masih bekerja biasa, bahkan saya akan rapat hari ini", kata dia.

Menurut Budi Waseso, jika memang dirinya akan dicopot dari jabatan Kabareskrim maka pasti ada pemberitahuan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Dia pun merasa tak pernah membuat kegaduhan ekonomi seperti yang dikabarkan. Ia mengatakan, dirinya hanya menjalankan tugas sesuai amanah.

"Saya ini prajurit Bhayangkara, ini adalah amanah yang harus saya kerjakan sebaik mungkin," kata Budi Waseso.

Meski begitu, Budi Waseso mengakui jika ada hubungannya antara hukum dengan perlambatan ekonomi. Apabila penegakan hukum tidak benar dan sifatnya mencari-cari masalah, maka akan berdampak pada ekonomi negara.

Ia juga mengaku tidak pernah datang ke Istana Presiden pada Selasa (1/9) malam untuk membicarakan mengenai penggeseran dirinya dari jabatan itu. Menurut dia, malam itu dirinya masih bekerja di kantornya. Ia juga tidak keberatan jika isu itu benar dan posisinya harus digantikan dengan orang lain.

"Ini kan amanah, saya tidak selama-lamanya menjadi Kabareskrim," kata Budi Waseso.

Budi Waseso juga berharap untuk tidak mengkaitkan isu pencopotan dirinya sebagai Kabareskrim dengan kasus-kasus yang sedang ditanganinya."Jangan dikait-kaitkanlah, saya bekerja sesuai prosedur hukum, hukum itu harus ada tanggung jawab," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Polri Kombes Suharsono membantah adanya kabar pencopotan jabatan Budi Waseso dari Kabareskrim."Itu kabar dari mana? Itu tidak benar. Saya sudah konfirmasi ke staf saya," kata Kombes Suharsono, di Bandar Lampung.

Menurut Suharsono, Budi Waseso masih bekerja di kantor Bareskrim seperti biasanya.Bahkan menurutnya, para penyidik Bareskrim kini tengah disibukkan dengan gelar perkara kasus.

Sebelumnya beredar informasi bahwa Kabareskrim Komjen Budi Waseso dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana pada Selasa (1/9) malam Dalam pertemuan tersebut, diduga presiden menyampaikan kepada Budi Waseso hendak mencopot jenderal bintang tiga itu dari jabatannya sebagai Kepala Bareskrim.

Tags:

Berita Terkait