PUSaKO Gelar Konferensi Nasional Hukum Tata Negara Kedua
Aktual

PUSaKO Gelar Konferensi Nasional Hukum Tata Negara Kedua

Oleh:
ASH
Bacaan 2 Menit
PUSaKO Gelar Konferensi Nasional Hukum Tata Negara Kedua
Hukumonline
Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas (PusaKo) kembali menggelar Konferensi Nasional Hukum Tata Negara. Konferensi kali kedua ini mengangkat tema “Menata Proses Seleksi Pimpinan Lembaga” yang digelar di Hotel Bumi Minang, Padang, Sumatera Barat.

Topik ini diangkat untuk mengevaluasi dan mengupas pemasalahan pelaksanaan seleksi pimpinan lembaga negara, seperti seleksi calon hakim agung, seleksi hakim konstitusi, seleksi pimpinan KY termasuk seleksi komisi independen yang selama ini berlangsung. Sekaligus memberi memberi masukan/kritik untuk memperbaiki seleksi pimpinan negara ke depannya.

Sejumlah tokoh dan pakar hukum tata negara menjadi keynote speech dan narasumber dalam acara konferensi yang digelar selama tiga hari, sejak 10 September hingga 13 September. Diantaranya, Ketua DPD Irman Gusman, dua mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie dan Moh Mahfud MD, Prof Saldi Isra, Prof Denny Indrayana, dan dosen UGM Zainal Arifin Mochtar. Acara ini diikuti sejumlah akademisi, praktisi pemilu, pegiat konstitusi dan pemilu, kalangan pemerintah.

Kamis (10/9) malam ini bertempat di Hotel Bumi Minang Padang, acara konferensi ini resmi dibuka oleh Ketua DPR Irman Gusman. Sebagai pembicara kunci Prof. Jimly dengan membawakan makalah berjudul “Problem Hukum dan Etika Ketatanegaraan Proses Seleksi Hakim Agung dan Hakim Konstitusi”.

Sementara dua hari berikutnya digelar seminar yang dibagi dalam tiga sesi seminar. Sesi pertama, dengan topik “Pengisian Jabatan Hakim Agung dan Hakim Konstitusi. Sesi kedua, “Pengisian Jabatan Pimpinan Lembaga/Komisi Negara Independen. Sesi ketiga, “Proses Seleksi Pimpinan Lembaga Negara dari Ius Constitutum ke Ius Constituendum”.
Tags: