Fraksi Segera Setor Nama Anggota Pansus Pelindo II
Berita

Fraksi Segera Setor Nama Anggota Pansus Pelindo II

Agar dapat bekerja cepat dan efektif.

Oleh:
RFQ
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto. Foto: wikidpr.go.id
Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto. Foto: wikidpr.go.id
Resmi sudah DPR membentuk Pantia Khusus (Pansus) Pelindo II. Sepuluh fraksi diharapkan bergerak cepat dengan mengirimkan nama-nama anggotanya untuk masuk dalam jajaran anggota Pansus Pelindo II. Hal itu diharapkan agar penyelidikan yang dilakukan Pansus dapat berjalan cepat.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, di Gedung DPR, Selasa (6/10). “Seluruh fraksi secepatnya di mohon mengirimkan anggotanya yang menangani Pelindo II ini sehingga Pansus bisa bekerja cepat dan efektif,” ujarnya.

Dikatakan Agus, DPR melalui Pansus  akan berupaya mengetahui kemungkinan kerja dan ruang gerak Pelindo. Harapannya, tidak terjadi lagi praktik korupsi di pelabuhan. Maklum, pelabuhan menjadi pintu masuk keluar masuknya barang. “Kita ingin melihat secara jelas bagaimana Pelindo II ini dan spa yang sebenarnya terjadi, semoga menjadi terang-benderang,” ujarnya.

Menurutnya, komposisi anggota Pansus tentunya disesuaikan dengan jmlah perolehan kursi di parlemen. Sudah tentu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) bakal menempatkan anggotanya lebih banyak ketimbang fraksi lain. Setelah PDIP, akan diikuti oleh Golkar, Gerindra dan fraksi lain sesuai dengan perolehan kursi terbanyak.

Politisi Partai Demokrat itu berpandangan kerja Pansus nantinya dapat melakukan pemanggilan terhadap seluruh personil terkait dengan dugaan kasus Pelindo II. Termasuk Kementerian BUMN dan Direktur Utama Pelindo II. Soal apakah terbukti tidaknya dugaan mega skandal Pelindo II, tergantung kerja Pansus. “Keputusan apakah terbukti atau tidak nanti disahkan di paripurna,” ujarnya.

Anggota Komisi III Masinton Pasaribu mengatakan, dalam waktu dekat fraksi-fraksi akan menyetorkan nama-nama anggotanya untuk masuk dalam Pansus Pelindo II. Jumlah Pansus nantinya sebanyak 30 orang yang tersebar dari berbagai fraksi. Ia tak menampik anggota F-PDIP tempatnya bernaung bakal jauh lebih banyak ketimbang fraksi lain. “Hari ini menyetorkan nama-nama ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR,” uajrnya.

Ia juga berharap Pansus segera dapat bekerja setelah mengantongi nama-nama anggotanya. Setidaknya, melakukan rapat pleno untuk menyusun agenda kerja dan rapat Pansus Pelindo II, termasuk menentukan siapa saja pihak yang akan dipanggil untuk dimintakan penjelasan oleh Pansus Pelindo II.

Anggota Komisi III lainnya, Ruhut Sitompul mengatakan setelah mendapatkan nama-nama anggota, nantinya pansus akan melakukan penyelidikan terhadap kasus Pelindo II. Pansus juga akan membahas teknis hukum dalam melakukan pengawasan  terhadap proses penegakan hukum.

“Sama halnya saat ranah century, itu teknis ada di KPK dan Kejaksaan,” ujarnya.

Dikatakan Ruhut, Pansus bekerja akan terbuka kepada publik. Rapat dengan sejumlah pihak yang dimintakan penjelasan pun akan digelar secara terbuka, seperti halnya Pansus Century kala itu. Lebih jauh, ia berpendapat ada sejumlah pihak membentuk Panja bukan Pansus. Misalnya, Komisi VI dan XI yang menginginkan hanya membentuk Panja.

Ruhut mengatakan memang awalnya menginginkan pembentukan Panja terlebih dahulu agar lebih fokus. Misalnya, Komisi III fokus pada bidang hukum. Sementara Komisi VI dan XI lebih fokus pada bidang ekonominya.

“Tapi karena  kawan-kawan kemarin sepertinya sudah ada pergerakan dan setuju, ya kami ikuti saja suara terbanyak,” pungkasnya.
Tags:

Berita Terkait