Para Hakim, Contohlah Lima Keteladanan Bismar Siregar Ini
Berita

Para Hakim, Contohlah Lima Keteladanan Bismar Siregar Ini

Lima keteladanan itu yang sehari-hari dilakukan Bismar dalam menyusuri jalan panjang sebelum menjadi hakim agung.

Oleh:
CR19
Bacaan 2 Menit
Hukumonline bekerja sama dengan FH UAI menggelar acara diskusi dengan tema “Reaktualisasi Pemikiran Prof Bismar Siregar” di Kampus FH UAI, Rabu (7/10). Foto: RES
Hukumonline bekerja sama dengan FH UAI menggelar acara diskusi dengan tema “Reaktualisasi Pemikiran Prof Bismar Siregar” di Kampus FH UAI, Rabu (7/10). Foto: RES

Bismar Siregar dikenal sebagai sosok yang memiliki watak. Sikapnya semasa hidup, dikenal sebagai hakim yang mengutamakan keadilan dibandingkan kepastian hukum. Bismar telah berpulang, tepatnya pada 19 April 2012. Meski telah tiada, namun jejak dan keteladanan Bismar masih terasa.

Keteladanan tersebut yang mengantarkan Bismar menuju jalan panjang karirnya hingga menjadi hakim agung. Hal itu bisa menjadi inspirasi bagi para hakim sehingga layak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lima keteladanan Bismar yang berhasil disarikan hukumonline, sehingga bisa diikuti para hakim penerusnya.

Integritas
Wakil Rektor I Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ahmad H Lubis melihat, Bismar memiliki sosok yang langka di dunia penegakan hukum. Sepanjang yang dia lihat, hanya Bismar lah sosok hakim yang berintegritas tinggi. Ia mengenalnya saat Bismar menjadi Dekan Fakultas Hukum UAI yang pertama.

“Integritas penting bagi profesi hukum. Hal yang baik dari beliau (Bismar, red) bisa diteladani,” katanya saat membuka acara diskusi ‘Reaktualisasi Pemikiran Prof. Bismar Siregar’ di Kampus UAI, di Jakarta, Rabu (7/10).

Hadir di tempat yang sama, Dekan Fakultas Hukum UAI Agus Surono juga melihat Bismar sebagai sosok yang berintegritas. Ia juga cukup mengenal sosok Bismar. Kala itu, ketika Bismar menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum UAI yang pertama, di waktu bersamaan dia menjabat sebagai Ketua Program Studi (KaProdi) Fakultas Hukum UAI. ”Integritasnya tidak perlu diragukan lagi,” kata Agus.

Sederhana
Sebagai seorang pejabat, apalagi sempat mencicipi jabatan sebagai hakim agung tak membuat kehidupan pribadi Bismar ‘bermewah-mewah’. Advokat Kemalsjah Siregar mengatakan, Bismar adalah sosok yang sangat sederhana. Kesederhanaan Bismar itu dilatarbelakangi dari kesederhanaan orang tua yang menurun kepada Bismar.

Lebih lanjut, Kemal mengatakan, kalau Bismar juga tidak pernah menunjukkan dirinya sebagai seorang pejabat. ”Saya masih ingat kata-kata beliau ‘Jadi, kau nak, ingatlah nak darimana kau berasal’,” ujar Kemalsjah Siregar, anak kandung dari Alm. Bismar Siregar.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait