KY Dorong Universitas Cetak Hakim Andal
Aktual

KY Dorong Universitas Cetak Hakim Andal

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
KY Dorong Universitas Cetak Hakim Andal
Hukumonline
Komisi Yudisial mendorong kepada masing-masing universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Fakultas Hukum supaya mencetak lulusan hakim yang andal di bidangnya-masing-masing.

Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, Senin, mengatakan fakultas hukum pada sebuah universitas sudah sepatutnya mencetak lulusan-lulusan terbaiknya untuk menjadi seorang hakim.

"Dari seluruh lulusan yang ada bisa diambil sepuluh terbaik untuk dijadikan hakim. Karena hakim yang andal itu bisa dipersiapkan sejak di bangku kuliah," katanya saat memberikan kuliah umum di Universitas Surabaya.

Ia mengemukakan, saat ini dari sekitar 7.500 hakim yang ada di Indonesia, hanya sedikit yang andal dalam memutuskan sebuah perkara.

"Bahkan hakim agung saat ini tidak ada yang 'briliant' dalam memutuskan sebuah perkara. Tidak 'briliant' maksudnya masih belum bisa menjangkau kepentingan kemanusiaan di masa yang akan datang," katanya.

Ia mencontohkan, di Filipina seorang hakim memvonis seorang pelaku pembalakan dengan sanksi yang cukup berat.

"Hal itu merupakan salah satu putusan perkara yang 'briliant' karena akibat ulah pelaku tersebut bisa merusak kebutuhan satu generasi ke depan. Hal itu karena, seseorang yang belum lahir harus menderita karena ulah pelaku pembalakan liar tersebut," katanya.

Ia berharap banyak jabatan di bidang hukum yang bisa dipilih seperti pengacara, notaris, dosen atau juga menjadi seorang hakim.

"Namun, yang perlu dicatat di sini adalah mempersiapkan seorang hakim yang andal itu bisa dibentuk sejak dini," katanya.
Tags: