Sabtu, 28 November 2015
UIN Yogyakarta Gelar Acara Bedah Buku Tentang Nikah Beda Agama
Dibedah oleh Dosen Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
NNP
Dibaca: 7154 Tanggapan: 0
UIN Yogyakarta Gelar Acara Bedah Buku Tentang Nikah Beda Agama
Bedah buku ”Tanya Jawab Tentang Nikah Beda Agama Menurut Hukum di Indonesia” di Yogyakarta, Jumat (27/11). Foto: NNP
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar acara bedah buku yang berjudul ”Tanya Jawab Tentang Nikah Beda Agama Menurut Hukum di Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama antara Perpustakaan UIN Yogyakarta dengan penerbit buku Lentera Hati.Acara ini berlangsungdi ruang teatrikal lantai 1 gedung Perpustakaan UIN Yogyakarta, Jumat (27/11).
 
Bismillahirahmaniraahim, dengan ini dibuka dengan resmi,” kata Kepala Perpustakaan UIN Yogyakarta, Sri Rochyanti Zulaikha saat membuka acara.
 
Sri mengatakan,acara bedah buku telah menjadi tradisi tahunan di Perpustakaan UIN Yogyakarta. Sepanjang tahun 2015, bedah buku kali ini merupakankegiatan yang kedua yang berhasil dilaksanakan. Menurutnya, rencana bedah buku berjudul ”Tanya Jawab Tentang Nikah Beda Agama Menurut Hukum di Indonesia” sudah dirancang sejak tahun 2014 lalu. Namun karena berbagai hal, baru menjelang akhir tahun 2015 berhasil dilaksanakan.
 
Sementara itu,ketua panitia pelaksana acara, Bambang Heru Nurwoto,mengatakan,salah satu tujuan dilangsungkannya kegiatan ini adalah sebagai bagian promosi kepada para pengunjung perpustakaan agar lebih dekat dengan perpustakaan.Kegiatan bedah buku ini diselenggarakan juga dalam rangka mempromosikan koleksi perpustakaan kepada pemustaka.”Ini salah satu promosi perpustakaan,” ujarnya.
 
Dalam kegiatan ini, yang ditunjuk sebagai pembedah buku yakni Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag, M.Ag. Fahruddinadalah dosen di Prodi Filsafat Agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sementara, dari penyusun, Manajer Klinik Hukumonline, Imam Hadi Wibowo juga turut menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Acara ini dimoderatori oleh Nurdin Laugu, S.Ag. S.S, M.A.
 
”Buku ini enak dibaca karena dalam bentuk tanya jawab,” kata Faiz kepada peserta bedah buku. 
 
Berdasarkan pantauan hukumonline, kegiatan ini cukup menyedot perhatian para pengunjung perpustakaan. Hal itu terlihat dari antusiasme para peserta bedah buku yang rela menunggu sejak pagi untuk bisa masuk mengikuti rangkaian acara. Namun, tidak semua pengunjung berhasil masuk untuk mengikuti kegiatan. Alasannyan karena ruangan yang terbatas, yakni hanya dapat menampung maksimal 160 peserta.
 
Selain ruangan yang terbatas,panitia pelaksana membuat aturan bahwa yang menjadi prioritas peserta adalah peserta yang mendaftar atau register beberapa waktu sebelum hari pelaksanaan. Sehingga, peserta yang mendaftar pada hari pelaksanaan dianggap sebagai waiting list.
 
Untuk diketahui, hukumonline telah berhasil menerbitkan buku yang berjudul ”Tanya Jawab Tentang Nikah Beda Agama Menurut Hukum di Indonesia” sekitar Oktober 2014 yang lalu. Buku dengan tebal 357 halaman ini mengulas mengenai aspek hukum pernikahan beda agama berdasarkan hukum positif di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan dengan pandangan dari pemuka agama Islam dan Kristen. Buku ini berhasil diterbitkan berkat kerjasama hukumonline dengan penerbit Literati atau Lentera Hati.
Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.