Lewat Skripsi ‘Wanprestasi’, Saipul Jamil Raih Gelar SH
Berita

Lewat Skripsi ‘Wanprestasi’, Saipul Jamil Raih Gelar SH

Skripsi tersebut salah satunya dipersembahkan kepada almarhumah istrinya, Virginia Anggraeni yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang dikendarai Saipul.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Foto: www.saipuljamil.com
Foto: www.saipuljamil.com
Pedangdut yang belakangan namanya santer menghiasi media karena kasus yang menjeratnya, Saipul Jamil masih kerap dibicarakan masyarakat luas. Nah, tapi tahu ngga sih, kalau artis yang kini tengah terjerat kasus asusila dan ditahan di Kepolisian Resort Metropolitan (Polres Metro) Jakarta Utara ini menyandang gelar Sarjana Hukum (SH) di belakang namanya.

Melalui website pribadinya, www.saipuljamil.com, diketahui bahwa Saipul meraih gelar SH dari Universitas Bung Karno (UBK), perguruan tinggi swasta yang beralamat di Jalan Kimia Nomor 20, Menteng, Jakarta Pusat. Dengan latar belakang pendidikan tersebut, hukumonline menelusuri jejak Saipul selama di kampus.

Setelah menjalani masa studi selama empat tahun, Saipul bertarung untuk lulus dengan mempertahankan skripsi berjudul “Batalnya Jual Beli karena Salah Satu Pihak Melakukan Wanprestasi Sesuai dengan Keputusan (Putusan, red) Mahkamah Agung Nomor 796K/PDT/2005” yang disusunnya.

Dalam skripsi setebal 82 halaman itu, Saipul membagi rumusan masalahnya menjadi dua pertanyaan. Pertama, faktor apa penyebab terjadinya wanprestasi oleh salah satu pihak dalam jual beli? Kedua, bagaimana akibat hukum terhadap batalnya jual beli bila salah satu pihak melakukan wanprestasi?

Ia berhasil mempertahankan pemaparan dari jawaban rumusan masalahnya pada Selasa, 17 September 2013 di hadapan dua dewan penguji Ir. B. Nurmawati S.H., M.H. – yang saat itu tercatat menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum UBK – dan anggota dewan penguji Dudung Abdul Aziz, S.H., M.H.

“Dengan segala kerendahan hati dan ucapan yang tulus, penulis mengucapkan terima kasih kepada dewan penguji serta seluruh staf pengajar/dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Karno,” tulis pemilik Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 2101090708 dalam kata pengantar skripsinya.

Lewat penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa selain menjadi penguji dalam sidang skripsinya, B. Nurmawati ternyata juga merupakan dosen pembimbing skripsi mantan suami Dewi Persik ini. Selain Nurmawati, dosen lain yang menjadi pembimbing II Saipul adalah Shinta Indriani.

Kepada keduanya, Saipul juga tak lupa berterima kash atas waktu, bimbingan, dan motivasi yang dicurahkan selama penyusunan skripsi. “Terima kasih karena dalam penyusunan skripsi ini telah memberi bantuan dan motivasi yang begitu besar kepada penulis,” ungkap Saipul.

Sebuah motto hidup ia selipkan di dalam skripsinya. “Sesulit apapun persoalan pasti ada jalan keluarnya. Kerjakanlah apa yang bisa kamu kerjakan hari ini jangan tunda hari esok.” Di halaman yang sama, Saipul pun mempersembahkan skripsinya itu yang pertama kepada almarhumah istrinya Virginia Anggraeni yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang dikendarai oleh Saipul.

“Skripsi ini saya persembahkan kepada Almarhumah istriku tercinta Virginia Anggraeni beserta seluruh keluargaku dan keluarga besar Fakultas Hukum Universitas Bung Karno,” tulisnya mengisi tengah halaman motto dan persembahan.

Untuk diketahui, tak hanya Saipul Jamil artis yang berhasil menyelesaikan program sarjananya dari FH UBK. Akhir tahun lalu, artis Julia Perez atau akrab disapa Jupe juga telah resmi menjadi alumni dari yayasan pendidikan yang diprakarsai oleh putri presiden pertama Indonesia, Rachmawati Soekarnoputri itu.

Wisuda Jupe dilaksanakan di Balai Sudirman, 18 November 2015. Dilansir dalam website resmi UBK, Jupe mengatakan, bahwa wisuda adalah hal sakral dalam hidupnya. Meski mengaku sempat kagok sewaktu namanya disebutkan dan bersalaman dengan Rektor Universitas Bung Karno, Jupe bangga karena sudah sah menjadi seorang sarjana.

“Pas dipanggil disah kan tadi sempat salah-salah mau madep ke mana, tapi sudah biasa lucu-lucuan ya sudah jadi santai saja. Yang penting sah sudah jadi SH (Sarjana Hukum),” ungkap pemilik nama asli Yuli Rachmawati ini dalam artikel tersebut.
Tags:

Berita Terkait