Hilangkan Gap, ILUNI FHUI Luncurkan Mobile Apps
Berita

Hilangkan Gap, ILUNI FHUI Luncurkan Mobile Apps

Salah satu fitur yang menarik, alumni bisa memberikan kontribusi finansial dengan mudah dan real time lewat aplikasi ini.

Oleh:
NNP
Bacaan 2 Menit
Foto: NNP
Foto: NNP
Hampir semua universitas punya permasalahan terkait dengan ‘gap’ antara alumni satu dengan yang lainnya. Kebanyakan, cara yang dilakukan adalah dengan membentuk wadah ikatan alumni. Sayangnya, wadah juga terkadang tak begitu efektif untuk menjadi magnet buat para alumni untuk saling bertemu atau bertatap muka.

Berangkat dari upaya untuk meminimalisir gap antara alumni itulah yang kini tengah diupayakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (Iluni FHUI). ILUNI FHUI punya cara yang unik untuk mengatasi itu. Pada Kamis (14/4) di Jakarta, secara resmi ILUNI FHUI meluncurkan aplikasi untuk smarthphone berbasis android.

Dengan aplikasi ini, diharapkan alumni FHUI dapat bertemu, berbagi, belajar, berjejaring, dan berkarir dalam satu aplikasi. Ketua ILUNI FHUI Ahmad Fikri Assegaf mengatakan, ada banyak potensi yang sebetulnya dimiliki oleh alumni. Misalnya, dalam hal berbagi pengetahuan (knowledge) serta berbagi pengalaman, baik kepada sesama alumni di sektor atau industri yang sama serta kepada mahasiswa yang masih menempuh pendidikan di univeritas.

Sayangnya, kebanyakan alumni merasa kesulitan terutama dalam mencari wadah yang tepat. “Keinginan alumni untuk berkontribusi sangat besar. Dan karena semua orang pada pegang mobile phone dan aplikasi lebih mudah dioperasikan,” kata Fikri dalam sambutannya.

Dari hal itulah, Fikri dengan sejumlah pengurus ILUNI FHUI akhirnya memilih aplikasi pada smartphone sebagai wadah untuk mengurangi gap antara alumni. Sepengetahuan Fikri, ILUNI FHUI merupakan wadah ikatan alumni pertama yang menggunakan mobile apps untuk mengatasi problem yang hampir ditemui di semua organisasi alumni di univeristas seluruh Indonesia. jika ide ini berhasil merubuhkan ‘jurang pemisah’ antar alumni, Fikri berharap wadah ikatan alumni lainnya dapat mengembangkan aplikasi sejenis ini.

“Setau saya ikatan alumni yang pakai aplikasi baru FHUI. Kalau langkah ini kelihatan hasilnya, mudah-mudahan diikuti oleh alumni fakultas lain di UI atau universitas lain. Mudah-mudahan langkah kecil FHUI juga bisa men-trigger dengan pendekatan teknologi antara hubungan alumni dengan almamaternya,” paparnya.

Seusai diluncurkan, salah seorang pengurus di ILUNI FHUI, Dimas Prasojo memamerkan beragam fitur menarik yang terdapat dalam aplikasi ILUNI FHUI. Fitur yang pertama, yakni Event. Di sini ditampilkan agenda yang akan digelar oleh ILUNI FHUI beserta deskripsi acara tersebut. Fitur yang kedua, yakni Alumni. Di sini dimuat profil alumni seperti identitas diri secara umum, tahun angkatan, nomor induk mahasiswa, serta profesi yang digeluti. Database alumni ini diklaim valid dan akan selalu update.

“Untuk privacy, misalnya tanggal lahir alumni bisa di private atau tidak ditampilkan,” jelas Dimas.

Fitur yang ketiga, yakni Dekat Saya. Dikatakan Dimas, ini merupakan salah satu fitur yang unik dimana fitur ini dapat menunjukkan lokasi alumni terdekat dengan posisi kita saat ini. sayangnya, fitur ini hanya menunjukkan lokasi alumni lain hanya berdasarkan alamat kantor yang dimasukan dalam identitas. Lalu, fitur keempat, yakni Galeri. Di sini dimuat foto-foto kegiatan yang pernah diselenggarakan oleh ILUNI FHUI, seperti penyelenggaraan LIKE ILUNI FHUI.

Lalu, fitur yang kelima, yakni Mentoring. Alumni dapat sharing pengetahuan kepada sesama alumni dalam hal apapun, seperti pengetahuan terkait profesi advokat atau pengetahuan di bidang hukum sektor energi. Selanjutnya, fitur yang keenam, yakni Forum. Fitur ini mirip forum-forum pada umumnya dimana pada isu tertentu yang sedang hangat, antar alumni pengguna aplikasi dapat saling berkomenter satu dengan yang lainnya.

Dan fitur yang terakhir, yakni Kontribusi. Ini adalah fitur penting yang berfungsi untuk memudahkan alumni ketika memberikan kontribusi dalam bentuk finansial melalui ILUNI FHUI. Dalam fitur ini, akan dimuat program-program tertentu baik ILUNI FHUI sendiri yang menjadi penyelenggaranya atau mahasiswa FHUI. “Ini adalah fitur yang menjadi ‘gong’ di aplikasi ini,” tutup Dimas.

Dikatakan Fikri, saat ini sudah ada satu program yang sudah dan sedang berjalan, yakni program beasiswa ILUNI FHUI yang targetnya sebesar Rp200 juta. Dalam acara peluncuran ini, Fikri juga mencontohkan bagaimana mudahnya memberikan kontribusi finansial melalui salah satu fitur dari aplikasi ILUNI FHUI. Alumni yang berminat memberikan kontribusi hanya perlu melakukan sejumlah langkah dan dana yang disumbangkan melalui ILUNI FHUI secara real time langsung masuk.

Pertama kali, alumni hanya perlu mengisi identitas lengkap disertai nomor kartu kredit serta besaran dana yang ingin disumbangkan. Jika sudah lengkap diisi, alumni akan mendapat sms konfirmasi melalui pesan yang berisi nomor-nomor acak. Selanjutnya yang kedua, nomor-nomor acak tersebut dimasukan dalam kolom konfirmasi. Dalam sekejap, sejumlah dana yang disumbangkan telah masuk dan bisa dicek secara real time dalam aplikasi ILUNI FHUI. 

“Menyumbang ngga pernah segampang ini. Satu program yang sudah dan sedang berjalan targetnya 200 juta untuk beasiswa ILUNI FHUI. Untuk kegiatan mahasiswa butuh sumbangan sekarang susah. Dengan ini (aplikasi), mereka tinggal kasih tau ke kita, terus di-upload dan alumni yang tertarik akan menyumbang,” kata Fikri.

Lantas, bagaimana dengan transparansinya sendiri? bagaimana alumni tahu bahwa sumbangannya benar-benar dipergunakan sesuai peruntukannya?

“Kita sadar betul bahwa sumbangan dari rekan-rekan amanah. Jadi kita ngga akan bikin program kalau ngga yakin bakal bisa terlaksana. Pasti akan ada laporannya. Laporan keuangan ILUNI FHUI sendiri akan diaudt tiap tahun sehingga konfirmasi-konfirmasi sumbangan kita,” tutup Fikri.
Tags:

Berita Terkait