YLKI Akan Uji Petik 50 SPBU di Jabodetabek
Berita

YLKI Akan Uji Petik 50 SPBU di Jabodetabek

Mulai dari keakuratan takaran, hingga mengevaluasi seluruh pelayanan SPBU termasuk toilet dan mushola.

Oleh:
ANT/Fathan Qorib
Bacaan 2 Menit
SPBU. Foto: SGP (Ilustrasi)
SPBU. Foto: SGP (Ilustrasi)
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersama PT Pertamina (Persero) akan melakukan uji petik terhadap 50 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jabodetabek. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan publik terhadap kinerja dan keakuratan SPBU Pertamina tersebut.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan uji petik terhadap 10 persen dari total SPBU Pertamina yang ada di Jabodetabek tersebut tidak hanya menguji keakuratan takaran.Tetapi juga mengevaluasi seluruh pelayanan SPBU, termasuk kebersihan toilet dan mushola.

"Uji petik ini bertujuan agar publik terlibat dalam pengawasan SPBU yang notabene adalah public services," ujar Tulusdi Jakarta, Kamis (22/9). (Baca Juga: Mengisi Bensin di Luar SPBU Bisa Dipenjara Lho..)

Menurut Tulus, dari sisi performa secara umum sudah ada perubahan secara signifikan pelayanan SPBU Pertamina. YLKI menilai sejauh ini performa fisik SPBU sudah ada perubahan dari sisi infrastruktur dan SDM. "Dari sisi keakuratan takaran juga sudah mengalami perubahan kendati masih harus terus ditingkatkan untuk pelayanannya kepada konsumen," katanya.

Ia menilai tingkat kepercayaan masyarakat terhadap SPBU masih dominan ke SPBU Pertamina. Hanya sebagian kecil masyarakat yang mampir ke SPBU asing. Selain faktor harga, ada faktor nasionalisme dari masyarakat untuk memilih SPBU yang masih berbendera merah putih.

"Contoh ada sentimen ke beberapa SPBU Malaysia yang saya lihat justru tutup karena tidak ada konsumennya atau berkurang," kata dia.

Kepala Divisi Unit Pelaksana Teknis Metrologi Jakarta, Johan Taruma Jaya menambahkan,upaya pengawasan terhadap SPBU terus dilakukan secara ketat. Badan Metrologi bahkan terus berinovasi melakukan berbagai pengujian untuk SPBU.

"Selain ada tim pengawasan khusus, dan Pertamina secara internal juga mewajibkan SPBU melakukan pengujian setiap hari, bahkan ada pengawas eksternal yang bekerja sama dengan konsultan," katanya. (Baca Juga: Ini Cara Legal Jual BBM dengan Modal Minim)

Badan Meterologi juga melakukan monitoring satu hingga dua kali dalam setahun. Bahkan tim pengawasan akan diturunkan ke SPBU, apabila ada keraguan karena tiap hari sebenarnya diuji oleh staf SPBU.

"Jika terasa lebih atau kurang jauh, ini harus ditera. SPBU bisa mengontak kami dan mengajukan pemeriksaan, misalkan baru tiga bulan dipakai tapi kami ragu, kami periksa langsung," katanya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro saat dikonfirmasi mengatakan Pertamina memastikan takaran BBM di SPBU di bawah pengelolaan perusahaan telah akurat karena melalui prosedur pemeriksaan yang ketat baik oleh internal perusahaan, Badan Metrologi, dan pemeriksa independen. Bahkan, semua meteran pada dispenser SPBU Pertamina telah ditera oleh Balai Metrologi dan selalu diperiksa akurasinya secara berkala.

Menurut Wianda, di era kompetisi dan kesadaran konsumen seperti ini bukan waktunya Pertamina bermain-main dengan standar takaran yang berlaku. Pertamina justru memastikan dengan berbagai SOP agar terpenuhi berbagai standar takaran maupun volume dan kualitas BBM dengan baik agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (Baca Juga: Ingat, Jual Bensin Eceran Bisa Dipenjara)

"Pertamina terbuka terhadap masukan konsumen dan semua pihak terkait dengan kualitas layanan dan kuantitas ukuran. Bagaimanapun di era persaingan bebas seperti saat ini masyarakat bisa memilih mana yang terbaik sehingga Pertamina dituntut untuk lebih meningkatkan layanannya," katanya.
Tags:

Berita Terkait