Pengacara dari India dan Botswana Bersinar di TrustLaw Awards 2016
Berita

Pengacara dari India dan Botswana Bersinar di TrustLaw Awards 2016

Tidak ada satu pun pengacara atau law firm Indonesia yang meraih penghargaan atau menjadi nominasi dalam ajang ini.

Oleh:
CR-20/Ali Salmande
Bacaan 2 Menit
Pengacara dari India dan Botswana Bersinar di TrustLaw Awards 2016
Hukumonline
Advokat-advokat dari India dan Botswana meraih penghargaan dalam ajang TrustLaw Awards 2016 dengan meraih kemenangan dalam kategori “The Innovation Award” dan juga gelar “Lawyer of the Year” dalam even ajang tahunan pro bono yang diselenggarakan oleh Thomson Reuters Foundation.

Sebagaimana siaran pers yang diterima Hukumonline, Panitia menjelaskan bahwa komitmen untuk terus melakukan advokasi secara pro bono bukan hanya bisa dilihat di firma-firma hukum Amerika Serikat yang sudah maju, melainkan juga di belahan dunia lain. Penghargaan ini berusaha menunjukan bagaimana prestasi yang luar biasa juga dihasilkan oleh pengacara, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi sosial dari Amerika Selatan, Asia dan Afrika dalam melakukan advokasi pro bono.

Panitia menilai bahwa beragamnya para pemenang merupakan lambang dari keberhasian program TrustLaw yang digagas oleh Thomson Reuters Foundations dalam menyebarkan praktek gratis bantuan hukum, di luar cara-cara pro bono yang tradisional. (Baca Juga: Hanya Satu Law Firm Indonesia Masuk Pro Bono Index 2016).  

CEO Thomson Reuters Foundations, Monique Villa mengatakan bahwa TrustLaw telah berhasil menjadi alat yang turut serta dalam perkembangan aksi-aksi sosial dalam skala global. “Tahun ini, kami membantu memfasilitasi serangkaian luar biasa proyek pro bono, mulai dari respon yang ditargetkan terhadap krisis migran Eropa hingga isu konversi terapi pelarangan gay di Illinois,” ujar Monique dalam sambutannya di New York, Jumat (23/9).

Pendiri TrustLaw ini menegaskan bahwa penghargaan ini untuk mereka yang sudah mengorbankan waktu dan tenaganya untuk memberi bantuan hukum secara cuma-cuma. “Penghargaan ini merayakan proyek yang luar biasa dari para pengacara brilian yang merelakan waktu dan pikirannya secara gratis, serta LSM dan organisasi sosial yang bekerja tanpa lelah untuk mendorong perubahan sosial,” tambahnya. (Baca Juga: 2015, Tren Pro Bono Dunia Meningkat).  

Berikut adalah daftar kategori dan pemenang TrustLaw Awards 2016:

LAWYER OF THE YEAR AWARD: Yvonne Chilume, pendiri dari Chilume & Company di Gaborone,
Botswana, dan sebuah tim yang terdiri dari associates di Kirkland & Ellis: David Birnbaum, Evan Knobloch dan Jonathan Man.

INNOVATION AWARD: Microsoft and Ashu Thakur & Associates, sebuah firma Kekayaan Intelektual Intellectual Property (IP) di India yang bekerja sama dengan BEMPU Health, sebuah organisasi social asal India untuk melindungi dan mengkomersialisasikan gelang pemantauan suhu yang dirancang untuk memerangi hipotermia neonatal.

IMPACT AWARD: Kirkland & Ellis bekerja sama dengan Equality Illinois, LSM yang bergerak di isu-isu LGBT rights NGO yang melaksanakan proyek penelitian hukum  legal yang berkaitan dengan konversi terapi terhadap pelarangan gay untuk generasi muda LGBT di Illinois.

COLLABORATION AWARD: Latham & Watkins yang memimpin konsorsium advokat, konsultan dan akademisi di 12 negara untuk memproduksi nasihat hukum yang mendesak untuk International Rescue Committee sebagai respon dari krisis pengungsi di Eropa.

INTERNATIONAL LAW FIRM OF THE YEAR: Latham & Watkins atas keikutsertaan mereka dengan rekor proyek pro bono 49 bersama TrustLaw pada tahun lalu.

DOMESTIC LAW FIRM OF THE YEAR: Norton Rose Fulbright South Africa yang memperoleh penghargaan sebagai firma local yang paling aktif di jaringan TrustLaw.

IN-HOUSE LEGAL TEAM OF THE YEAR: Hewlett Packard Enterprise memperoleh penghargaan atas proyek 19 pro bono yang diselesaikan oleh timnya tahun ini.

Berdasarkan pengamatan hukumonline, tidak ada advokat atau firma hukum asal Indonesia yang menjadi pemenang maupun masuk nominasi dalam ajang ini. (Baca Juga: Law Firm Korporasi Buka Pintu untuk Layanan Pro Bono).
Tags:

Berita Terkait