Dinilai Mengkhawatirkan, Menteri Wiranto Klaim Paket Kebijakan Hukum Siap Keluar
Aktual

Dinilai Mengkhawatirkan, Menteri Wiranto Klaim Paket Kebijakan Hukum Siap Keluar

Oleh:
ANT | Sandy Indra Pratama
Bacaan 2 Menit
Dinilai Mengkhawatirkan, Menteri Wiranto Klaim Paket Kebijakan Hukum Siap Keluar
Hukumonline
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut akan ada paket kebijakan di bidang hukum yang sedang dipersiapkan pemerintah. "Kalau kemarin sudah ada paket kebijakan ekonomi, nanti juga ada paket kebijakan hukum," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.
Wiranto mengatakan dalam konsep Nawacita ada penjabaran-penjabaran di bidang ekonomi, bidang hukum, bidang politik, dan sebagainya.
Saat ini, kata dia, ada satu proses yang sedang dilakukan agar paket kebijakan hukum itu betul-betul ada manfaatnya. "Ini dalam rangka kita memperbaiki apakah itu instrumen hukumnya, apakah kita memperbaiki aparat penegak hukumnya, apakah kita membangun budaya hukum yang kondusif, itu kan sedang digarap sekarang, akan kita pilih, paket mana yang akan dilemparkan duluan, kiranya yang segera dapat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya," katanya.
Ia menyadari saat ini kondisi bidang hukum di Tanah Air masih relatif memprihatinkan. "Sekarang ini memang kita terus terang di bidang hukum cukup memprihatinkan, bahwa hukum yang seharusnya merupakan instrumen untuk ditaati, untuk diindahkan, dijalankan oleh seluruh masyarakat karena hukum kan kesepakan kolektif dari bangsa, nah tatkala hukum sudah tidak diindahkan apalagi ada aparat penegak hukum yang coba menjadikan hukum menjadi komoditas, ini yang nanti akan kita selesaikan," katanya.
Wiranto menambahkan bahwa Presiden sudah memberi petunjuk terkait ketegasan Pemerintah untuk menindak aparat penegak hukum yang justru menodai hukum yang seharusnya dijaganya.
Hal-hal seperti itulah kata Wiranto yang akan disasar dalam paket kebijakan hukum agar kepercayaan publik terhadap hukum nasional pulih.
"Tapi sabar, tentunya sabar nanti akan muncul paket-paket mana yang didahulukan. Sekarang sedag digodog dengan seksama dan hati-hati," kata Wiranto.
Tags: