Menteri Wiranto Siapkan Nama Tim Sapu Bersih Pungli
Berita

Menteri Wiranto Siapkan Nama Tim Sapu Bersih Pungli

Nama-nama tersebut telah diajukan kepada Presiden Joko Widodo.

Oleh:
ANT | Sandy Indra Pratama
Bacaan 2 Menit
Menkopolhukam Wiranto. Foto: biografiku.com
Menkopolhukam Wiranto. Foto: biografiku.com
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto telah menyiapkan daftar nama-nama yang masuk dalam tim Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar.
"Nama-namanya sudah ada," kata Menko Polhukam Wiranto di Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Jakarta, kemarin.
Wiranto mengatakan nama-nama tersebut telah diajukan kepada Presiden Joko Widodo. Pihaknya saat ini menunggu daftar nama tim Satgas itu disetujui dan disahkan oleh Presiden.
Menko Polhukam Wiranto belum dapat memberitahukan nama-nama yang masuk dalam satgas tersebut. "Ya kalau tim bekerja ya tunggu dulu perpres (Peraturan Presiden) dulu," ujarnya.
Dia menuturkan pemerintah juga sedang menggarap sistem dalam jaringan di mana masyarakat dapat memberikan pengaduan tentang praktik pungli. Pemerintah juga sedang menyiapkan Peraturan Presiden untuk menjadi payung hukum satgas dalam menghentikan pungutan liar. (Baca juga: Presiden: Biar Jumlahnya Kecil, yang Namanya Pungli Menjengkelkan!)
Dengan pembentukan Satgas Saber Pungli, dia berharap pungli dapat dibersihkan secara tuntas, sistematis dan menyeluruh sehingga kegiatan pemberantasan pungli itu akan bersifat simultan.
Wiranto mengatakan pembentukan Satgas Saber Pungli untuk menghentikan pungutan liar ditujukan untuk menciptakan ketentraman bagi masyarakat, menjadikan proses pelayanan publik lebih bersih dan lebih cepat, membangun kepastian dan kepercayaan publik terhadap aparat pemerintah yang melayani mereka.
Halaman Selanjutnya:
Tags: