MA Tolak Kasasi Jessica Wongso
Berita

MA Tolak Kasasi Jessica Wongso

Majelis kasasi Jessica diputus oleh Artidjo Alkostar sebagai ketua, Salman Luthan dan Sumardiyatmo sebagai anggota.

Oleh:
Agus Sahbani/ANT
Bacaan 2 Menit
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis Jessica Kumala Wongso 20 tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap sahabatnya Wayan Mirna Salihin. Foto: RES
Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis Jessica Kumala Wongso 20 tahun penjara karena dinilai terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap sahabatnya Wayan Mirna Salihin. Foto: RES
Permohonan kasasi yang diajukan oleh Jessica Kumala Wongso ditolak Mahkamah Agung (MA) sehingga ia tetap harus menjalani vonis 20 tahun penjara.

"Mahkamah Agung mengumumkan perkara No.498K/Pid/2017 dengan terdakwa Jessica Kumala alias Jessica Wongso diputus pada Rabu, 21 Juni 2017 dengan amar tolak kasasi terdakwa," kata Juru Bicara MA Suhadi di Jakarta, Kamis (22/6).

Pada Maret 2017 lalu, Pengadilan Tinggi Jakarta juga memutuskan untuk menolak banding Jessica sehingga menguatkan putusan PN Jakpus Nomor 777/Pid.B/2016/PN.Jkt.Pst tanggal 27 Oktober 2016. Karena gagal di tingkat banding, maka Jessica mengajukan kasasi.

"Amar disusun oleh majelis Artidjo Alkostar sebagai ketua majelis, Salman Luthan dan Sumardiyatmo masing-masing sebagai anggota," tambah Suhadi.

Baca Juga: Pengacara Jessica Siapkan Memori Banding

Artinya Jessica terbukti melakukan pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin pada 6 Januari 2016 lalu setelah Mirna meminum es kopi Vietnam yang dipesan Jessica di Kafe Olivier, Grand Indonesia.

Jessica ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Mirna pada 29 Januari 2016 namun Jessica tiba-tiba menghilang dari kediamannya dan akhirnya ditangkap pada 30 Januari 2016 di Hotel Neo Mangga Dua Square, Jakarta.

Sidang Jessica digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) mulai 15 Juni 2016 hingga 27 Oktober 2016 dan menyedot perhatian masyarakat banyak bahkan disiarkan secara "live" oleh stasiun televisi.

Majelis hakim yang diketuai Kisworo akhirnya menyatakan Jessica terbukti melakukan pembunuhan berencana berdasarkan pasal 340 KUHP dan divonis 20 tahun penjara. Terhadap vonis itu Jessica mengajukan banding karena menurutnya putusan ini sangat tidak adil dan memihak. Namun, permohonan bandingnya ditolak Majelis Pengadilan Tinggi Jakarta. Kini, Jessica masih mendekam di rutan Pondok Bambu.
Tags:

Berita Terkait