Reuni dan Rekreasi yang Menyehatkan dalam UI Half Marathon 2017
Advertorial

Reuni dan Rekreasi yang Menyehatkan dalam UI Half Marathon 2017

Mengundang semua alumni dan juga terbuka bagi semua pelari secara umum untuk berpartisipasi.

Oleh:
Tim Advertorial
Bacaan 2 Menit
Para pelari ILUNI UI. Foto: Istimewa
Para pelari ILUNI UI. Foto: Istimewa
Acara reuni tidak selalu monoton dengan pesta atau jamuan makan bersama di satu tempat. Apalagi kalau melibatkan ribuan orang beserta pasangan dan anak yang diajak serta. Sulit dibayangkan kegiatan macam apa yang harus diselenggarakan. Namun Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) punya cara tersendiri untuk itu. Menggabungkan reuni, nuansa rekreasi, dan olahraga sekaligus, UI Half Marathon 2017 akan digelar pada 16 Juli 2017 akhir pekan depan.

Marathon menjadi pilihan olahraga yang mudah dan murah untuk menjaga kesehatan. Apalagi jika dilakukan dengan keluarga, kerabat dan sanak saudara, olahraga ini semakin banyak peminatnya. Kegiatan ini akan berlangsung di kawasan asri kampus hijau Universitas Indonesia di Depok.

Peserta ajang lari marathon akan diajak menjelajahi kawasan rindang UI dengan hutan kotanya yang akan menjadi pengalaman menyenangkan sekaligus menyehatkan. Berlari marathon di kampus UI yang menduduki peringkat 33 di dunia kampus terhijau di dunia versi UI GreenMetric akan memberikan nuansa rekreasi sekaligus ajang reuni alumni UI.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup dengan dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Komponen pemeringkatan terdiri dari bobot indikator Statistik Kehijauan Kampus (15%), Pengelolaan Sampah (18%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Panitia sengaja mengatur waktu yang sesuai yaitu di bulan Juli agar masih hangat dalam nuansa liburan dan berdekatan dengan Bali Marathon. “Jadi bisa dibilang jika UI Half Marathon mampu menjadi trial untuk runner berkompetisi di Bali Marathon, yang juga dikelola oleh alumni UI,” kata Benny Syaaf, Ketua Panitia UI Half Marathon 2017.

Salah satu aktris yang juga alumni UI dan kini berprofesi sebagai Notaris, Alya Rohali, ikut pula dalam ajang ini. Alya ditunjuk sebagai Wakil Ketua Panitia run race ini. Ia menyatakan, promosi UI Half Marathon telah dilakukan sejak bulan Mei yang lalu. Selama tiga weekend berturut-turut di tanggal 7, 14, dan 21 bulan Mei para runner  dari semua komunitas lari UI telah mengadakan lari bersama pada Car Free Day kawasan Bundaran HI.

“Diantaranya yang turut berpartisipasi pada road to UI Half Marathon ini adalah FH runners, FT runners, FE runners, FISIP runners dan juga komunitas lari yang saya dirikan bersama-sama teman sejawat notaris yaitu Notary Runners yang sebagian besar anggotanya adalah alumni Kenotariatan UI,” kata Alya.

ILUNI UI optimis kegiatan ini akan disambut positif masyarakat umum, terutama alumni UI yang kebanyakan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Tak heran, panitia menargetkan 3000 orang yang akan mengaikuti UI Half Marathon. “Target peserta kami selain alumni UI tentu saja para pelari secara umum,” tambah Alya.

ILUNI UI pun sudah bekerjasama dengan dua mall untuk tempat parkir. Seluruh area kampus UI Depok akan dibuat steril tanpa kendaraan. Peserta bisa memilih jarak tempuh 5 KM, 10 KM atau 21 KM. Nantinya peserta akan membayar kontribusi sesuai dengan jarak tempuh yang dipilih. Info lengkap lainnya dapat dilihat melalui website resmi ILUNI UI yaitu iluni.ui.ac.id.

Tertarik ikut reuni sekaligus rekreasi yang menyehatkan di UI Half Marathon?Anda bisa langsung melakukan pendaftaran di http://indorace.com/uihalfmarathon2017
Tags: