17 Tahun Perjalanan Menjadikan Hukum untuk Semua
Advertorial

17 Tahun Perjalanan Menjadikan Hukum untuk Semua

Hukumonline.com lebih dari sekedar pusat data peraturan perundang-undangan. Dengan bergabung menjadi pelanggan hukumonline.com, Anda juga membantu kami untuk memberikan akses informasi, edukasi hukum bagi masyarakat dan terus mendukung reformasi hukum di Indonesia.

Oleh:
Tim Advertorial
Bacaan 2 Menit
Hukumonline
Hukumonline
Sejak didirikan pada 17 tahun lalu, hukumonline.com berkomitmen untuk memberikan akses informasi hukum seluas-luasnya kepada masyarakat. Pada masa itu, sangat sulit bagi masyarakat awam untuk mendapatkan akses kepada dokumen peraturan perundang-undangan. Sedangkan, masyarakat sangat memerlukan akses kepada regulasi-regulasi yang mengatur berbagai aspek kehidupan mereka.

Memanfaatkan perkembangan teknologi pada masa itu, hukumonline.com kemudian merintis pengumpulan dan digitalisasi peraturan perundang-undangan (pusat data). Ini adalah langkah awal untuk mewujudkan mimpi besar hukumonline.com agar semua peraturan yang diterbitkan pemerintah bisa diakses, sehingga semakin banyak masyarakat yang melek hukum. Hukumonline.com memungkinkan masyarakat untuk mengunduh secara gratis peraturan perundang-undangan.

Berbekal semboyan “Hukum untuk Semua”, langkah hukumonline.com untuk mewujudkan mimpi masyarakat melek hukum tidak berhenti pada menyediakan peraturan perundang-undangan gratis. Hukumonline.com juga memberikan edukasi hukum melalui Klinik Hukum. Klinik Hukum memungkinkan masyarakat menanyakan masalah hukum yang mereka hadapi dan memperoleh jawaban dari para praktisi hokum   dan ahli hukum lainnya.   

Sampai dengan awal 2017, Klinik Hukum sudah menjawab ribuan pertanyaan hukum dari masyarakat. Setiap bulannya ratusan pertanyaan masuk ke Klinik Hukum. Dalam perkembangannya edukasi hukum yang dilakukan Klinik Hukum dikemas juga dalam bentuk infografis dan videografis. Tujuan tak lain yaitu agar edukasi hukum dapat lebih mudah dipahami dan menjangkau khalayak yang lebih luas.

Selain Klinik Hukum, portal www.hukumonline.com menyajikan berita-berita hukum yang bertujuan untuk memberikan informasi hukum terkini kepada masyarakat. Kami membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan dan regulasi-regulasi yang mereka keluarkan, dan juga menyampaikan berbagai saran dan kritik dari masyarakat terhadap kebijakan dan regulasi yang bermasalah. Lewat artikel-artikel yang panjang dan berimbang, para jurnalis hukumonline.com selalu berusaha menyajikan lebih dari sekadar informasi, tapi pengetahuan hukum kepada para pembacanya.

Hukumonline.com juga memberikan akses gratis ke dokumen Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. Sampai dengan awal 2017, Pusat Data hukumonline.com memiliki lebih dari 70.000 dokumen Peraturan Perundang-undangan dan Putusan Pengadilan dan jumlah tersebut masih berkembang. Kamilah yang mengawali sistem online dokumen hukum di Indonesia. Kami pun terus berkembang dan memperbaharui teknologi Pusat Data kami agar lebih user friendly.

Bagi Anda yang ingin berbagi ide serta gagasan hukum dengan masyarakat, hukumonline.com juga menyediakan platform Hukumpedia.com. Melalui hukumpedia.com yang merupakan citizen journalism Anda tidak hanya sebagai pembaca tapi juga penulis. Tulisan Anda pun tidak hanya diunggah di hukumpedia.com namun juga di hukumonline.com.  

Untuk menjaga independensi dan mempertahankan konten-konten yang berisi informasi serta edukasi hukum gratis bagi masyarakat, hukumonline.com memiliki produk berbayar yaitu Analisis Hukum. Salah satu bentuk analisis tersebut adalah Indonesian Legal Brief yang dikirim setiap hari ke e-mail pelanggan dan disajikan dalam dwi bahasa (Indonesia dan Inggris). Dengan analisis hukum dari hukumonline.com maka pelanggan mendapatkan beberapa keuntungan antara lain meningkatkan kepatuhan hukum, kemudahan dalam memahami  peraturan perundang-undangan, menghemat waktu dan biaya dalam melakukan riset hukum dan lain sebagainya.

Selain Analisis hukum, hukumonline.com juga secara berkala menyelenggarakan Seminar, Pelatihan dan Diskusi yang mengangkat isu hukum terkini. Awal 2017, hukumonline.com pun mulai menerjemahkan peraturan perundang-undangan ke bahasa Inggris dan memiliki Toko Buku hukum. Melalui Toko Buku setiap pengguna dapat mencari buku dan novel hukum yang diinginkan dengan mudah dan cepat.

Hukumonline.com telah memiliki ratusan pelanggan dan ribuan pengguna yang terus berkembang yang berasal dari perusahaan, kantor hukum, lembaga pemerintahan dan lembaga pendidikan tinggi. Hukumonline.com selalu berkomitmen untuk menjadikan hukum untuk semua, dan hanya dengan dukungan Anda lah perjalanan ini akan terus berjalan dan berkembang. Kami ingin Anda menjadi bagian dari perjalanan kami untuk selalu hadir memberikan akses informasi, edukasi hukum bagi masyarakat dan terus mendukung reformasi hukum di Indonesia. Ayo bergabung bersama hukumonline.com!

Hukumonline.com

Unduh contoh gratis Indonesian Legal Brief, Indonesian Law Digest dan Monthly Law Review.
Tags: