Jumat, 06 Oktober 2017
Advertorial
Teknologi Seperti Apa yang Diterapkan Oleh Kantor Advokat Modern?
Lembur hingga menginap menjadi cerita yang lazim di antara pada advokat. Bisa jadi dengan memanfaatkan teknologi, pola-pola bekerja semacam itu tidak akan terjadi lagi karena semua pekerjaan menjadi lebih mudah, simple dan cepat diselesaikan.
Tim Advertorial
Dibaca: 4558 Tanggapan: 0
Teknologi Seperti Apa yang Diterapkan Oleh Kantor Advokat Modern?
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ibarat roda pedati yang berputar, kantor advokat yang berada di atas suatu saat bisa berada dibawah. Mereka yang unggul selama ini bisa dikalahkan pendatang baru karena keunggulan yang dibawa salah satunya adalah teknologi.
 
Bukan lagi menjadi rahasia suatu kantor advokat harus bekerja ekstra ketika menangani perkara yang punya tingkat kompeksitas tinggi. Tak jarang pula advokat rela menginap di kantor untuk merampungkan tugas demi memenuhi ekspektasi serta tenggat waktu yang disepakati bersama klien sebelumnya. Sering pula para Partner Lawyer harus lembur untuk memastikan kualitas jasa yang diberikan mengikuti standar yang sudah disepakati.
 
Mungkin cerita semacam itu tidak harus berulang ketika suatu kantor advokat memanfaatkan teknologi yang bisa meringankan pekerjaan para advokatnya. Dewasa ini pemanfaatan teknologi juga merambah hampir ke seluruh sektor dan perlahan mulai masuk ke sektor jasa hukum. Beragam fitur dari sejumlah produk sudah bertebaran di pasar, namun satu dari yang paling baik diantaranya adalah teknologi yang diusung oleh Microsoft.
 
Adalah Microsoft Office 365 untuk Modern Law Firm memudahkan berkolaborasi dan berbagi secara aman dalam pengaksesan dokumen dengan platform OneDrive dan Office Online. Office Online adalah versi modern daripada Office yang dahulu hanya tersedia untuk desktop ataupun laptop yang menjadilkan advokat lebih mudah dalam bekerja dan berkolaborasi. Dari Word®, Excel®, PowerPoint®, dan OneNote® yang tersedia dalam bentuk online, proses dalam membuat berkas baru, mengedit berkas yang sudah ada, berbagi, dan bekerja bersama secara online dengan klien atau kolega menjadi jauh lebih mudah dan simple.
 
Tak perlu repot-repot juga karena dokumen yang dibuat atau disimpan di penyimpanan cloud OneDrive dapat disunting secara bersamaan dengan orang lain, baik orang di dalam maupun di luar kantor advokat Anda – siapa saja yang memiliki tautan ke dokumen yang bersangkutan dapat menyunting dokumen tersebut di saat yang bersamaan dengan Anda. Anda bahkan juga dapat melihat suntingan satu sama lain sembari menyunting sehingga Anda akan selalu ter-update dengan versi terbaru, tanpa harus berulang kali mengirimkan dan menerima dokumen tersebut melalui email.
 
Kantor advokat modern sudah pasti mengelola mutu dengan memanfaatkan tekonologi karena tanpa itu cepat atau lambat kantor yang tidak serius melakukan pengelolaan mutu akan akan tertinggal dengan kantor lain. Tiga alasan kenapa mengelola mutu jasa hukum sangat penting. Pertama, jasa hukum yang diberikan harus dapat dipertanggungjawabkan. Kedua, jasa hukum harus selalu memenuhi mutu yang disyaratkan klien. Dan ketiga, jasa hukum diberikan dengan memenuhi semua peraturan serta kode etik.
 
Mesti dicatat, jasa hukum secara hakikat merupakan hasil kerja yang secara tidak langsung melibatkan sejumlah pihak seperti adovkat dan non-advokat itu sendiri. Sebagai contoh, dokumen yang merupakan hasil kerja keras lawyer, pengetikan oleh sekretaris, penjilidan oleh staf, dan penyerahan ke klien melalui kurir. Dalam hal perkara litigasi misalnya, tim advokat yang menjadi kuasa klien di ruang sidang tentu membutuhkan dukungan riset yang mumpuni dari tim advokat atau paralegal yang bekerja di dalam kantor.
 
Office 365 juga menyediakan fitur Mobile Computing, yakni fasilitas aman yang dapat digunakan oleh tim yang berada di ruang sidang agar dapat mengakses informasi dan terhubung dengan tim yang berada di kantor. Melalui platform produktivitas berbasis awan Office 365 yang dimiliki Microsoft, advokat dan ahli hukum akan menjadi lebih fleksibel untuk berkolaborasi dan berkomunikasi, baik antar anggota tim dalam kantor advokat tersebut maupun dalam memberikan jasa konsultasi hukum untuk para klien.
 
Menariknya, Anda tidak perlu membeli perangkat lunak tambahan dan tidak tergantung pada komputer Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Bahkan cukup dengan smartphone, Anda sudah dapat melakukan kolaborasi ini. Dokumen yang tersimpan di server yang aman pada penyimpanan cloud (OneDrive), tidak perlu lagi khawatir akan namanya kehilangan ataupun kerusakan perangkat komputer.
 
Ditambah lagi, karena dokumen-dokumen Anda disimpan di server yang aman, Anda juga dapat tenang karena yakin bahwa dokumen dan program Anda akan aman dan dapat diakses dari browser web apa saja walaupun hard drive Anda rusak atau bahkan saat Anda menumpahkan kopi pada komputer Anda. Office 365 hadir dengan sistem keamanan tingkat enterprise yang dapat menjamin keamanan data pengguna.
 
Bila bekerja kini menjadi lebih mudah dengan Office 365, bukanlah hal yang sulit bagi suatu kantor advokat untuk  bisa memenuhi ekspektasi klien karena tak jarang banyak juga klien yang bersedia membayar honorarium atau fee yang tinggi kepada kantor advokat atas pelayanan yang diterima oleh klien. Klien berhak mendapatkan kepuasan dari kantor hukum mulai pertama kali menghubungi, saat jasa hukum diberikan, sampai tahap invoice atau tagihan fee diterima.
 
Segera jadikan kantor Anda menjadi kantor advokat modern dengan Microsoft Office 365!
 
Hadiri Seminar “Modern Law Firm” yang digelar oleh Microsoft:
 
1. Jakarta , 13 Oktober 2017
Microsoft Indonesia
Jakarta Stock Exchange Tower II Lantai 18
Registrasi : http://bit.ly/2fRkKZl
 
2. Bandung , 25 Oktober 2017
Luxton Hotel Bandung
Jl. Ir. H. Djuanda No.18 , Bandung
 
3. Semarang , 10 November 2017
Crowne Hotel Semarang
Jl. Pemuda No.118, Sekayu, Semarang Central Java 50132
Registrasi: http://bit.ly/2yM5GTW
Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.