Kamis, 19 October 2017
KY: Tak Sedikit Hakim Anut Gaya Hidup Hedonis
Agus Sahbani/ANT
Dibaca: 976 Tanggapan: 0
Komisi Yudisial (KY) mengungkapkan masih banyak hakim yang menganut gaya hidup hedonis, sehingga tidak sedikit yang berakibat (negatif) terhadap jabatan yang diembannya.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Advokasi, Hukum, Penelitian, dan Pengembangan KY, Sumartoyo di Semarang, Kamis (19/10), menuturkan tidak sedikit hakim yang harus dicopot jabatannya akibat gaya hidup foya-foyanya.

"Diawasi saja masih nyolong seperti itu, bagaimana kalau tidak ada pengawasan," kata dia.

Menurut dia, memang jumlah oknum hakim yang dijatuhi sanksi akibat pelanggaran tidak terlalu tinggi. Namun, lanjut dia, pengaduan berkaitan dengan perilaku hakim hampir merata di seluruh pengadilan.

Selain gaya hidup hedonis, lanjut dia, gaya komunikasi hakim yang kurang pantas dinilai juga masih banyak ditemukan. Menurut dia, hakim yang melanggar 10 kode etik yang telah dijabarkan dalam SKB Ketua MA dan Ketua KY Tahun 2009 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) akan langsung ditindak. "Termasuk yang tidak netral dalam menangani suatu perkara," katanya.
Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.