Jumat, 10 November 2017
Begini Tahapan Selanjutnya CPNS Kemenkumham yang Dinyatakan Lulus Seleksi
Para pelamar yang lulus wajib melakukan pemberkasan ulang.
Fathan Qorib
Dibaca: 4770 Tanggapan: 0
Begini Tahapan Selanjutnya CPNS Kemenkumham yang Dinyatakan Lulus Seleksi
Menkumham Yasonna Laoly. Foto: RES

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengumumkan hasil akhir seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkumham untuk tahun anggaran 2017. Melalui Pengumuman Nomor: SEK.KP.02.01-1000, peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan pemberkasan ulang.

 

Ketentuannya, mulai menginput data sebelum melakukan pemberkasan ulang pada aplikasi melalui laman cpns.kemenkumham.go.id dari tanggal 12-16 November 2017. Kemudian, peserta juga melengkapi dan membawa dokumen persyaratan dari tanggal 13-16 November 2017 di kantor wilayah Kemenkumham sesuai tempat pendaftaran bagi Diploma III dan SLTA serta sesuai domisili bagi sarjana dan dokter.

 

Daftar kelengkapan administrasi pemberkasan ulang antara lain surat lamaran yang ditujukan kepada Menkumham dengan format tulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp6000 serta ditandatangani pelamar. Kemudian, fotokopi ijasah dan transkrip nilai pendidikan terakhir serta dilampirkan fotokopi ijasah SD, SMP, SMA, Diploma III masing-masing rangkap tiga dan dilegalisir.

 

Setelah itu, daftar riwayat hidup ditulis tangan dengan huruf kapital, bertinta hitam, bermaterai Rp6000 dan ditempel pas foto 3x4 belatar belakang merah rangkap tiga. Surat pernyataan Super 5 Point diketik, diberi materai Rp6000 dan ditandatangani. Surat pernyataan Super 2 Point bagi peserta yang melamar penjaga tahanan.

 

Lalu, kartu pencari kerja (kartu kuning) dari Dinas Ketenagakerjaan setempat yang masih berlaku sampai Desember 2017. Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Kepolisian Resort/Kepolisian Daerah dan masih berlaku sampai Desember 2017.

 

Berikutnya, surat keterangan sehat jasmani dari dokter rumah sakit pemerintah yang terbaru (bulan November 2017) dan harus ditandatangani oleh dokter. Pasfoto 3x4 belatar belakang merah 10 lembar dengan menuliskan nama dan tanggal lahir di balik pasfoto tersebut. Serta, fotokopi akte kelahiran dan KTP masing-masing tiga lembar.

 

Berkas lamaran rangkap tiga dimasukkan dalam stopmap, warna hijau untuk kualifikasi pendidikan sarjana, kuning untuk kualifikasi pendidikan Diploma III dan merah untuk kualifikasi SLTA. Di luar stopmap ditulis nama, tempat tanggal lahir, nomor ujian, jabatan yang dilamar, pendidikan, alamat sekarang, nomor telpon seluler dan alamat email.

 

“Apabila dalam jangka waktu tanggal 13-16 November 2017 peserta tidak melengkapi dokumen, maka peserta tersebut dinyatakan gugur,” begitu bunyi salah satu ketentuan pengumuman.

 

(Baca Juga: Yuk, Kenali Tes Kesamaptaan Sebelum Daftar CPNS Kemenkumham)

(Baca Juga: Dibuka, Lowongan 17.982 CPNS di 61 Instansi Pemerintah)

 

Menkumham Yasonna H Laoly mengatakan,  dari 1.116.138 calon peserta yang mendaftar sebanyak 516.305 orang berhasil lulus tahapan verifikasi dan menjadi peserta Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan PermenPanRB No. 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2017 dan PemenPanRB No. 24 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas PermenPanRB No. 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017 dari jumlah 17.526 formasi, hanya berhak diikuti sebanyak tiga kali formasi yaitu 51.754 peserta untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan di masing-masing kantor wilayah.

 

Perhitungan akhir dilakukan menggunakan pembobotan sesuai ketentuan PermenPAN-RB No. 20 Tahun 2017 yaitu untuk SKD 40 Persen dan SKB 60 Persen. Menurut Yasonna, 17.521 CPNS yang dinyatakan lulus terdiri dari pelamar tingkat SLTA berjumlah 14.000 orang, Diploma III 30 orang, dokter umum 33 orang dan sarjana 2.458 orang.

 

“Data nilai para peserta yang sejak awal sudah tersimpan di dalam sistem, selanjutnya kami serahkan kepada Panselnas untuk dilakukan proses integrasi dari keseluruhan nilai dan mengumumkan hasilnya kepada masyarakat luas,” katanya. (RED)

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.