Fredrich: KPK Telah Bekukan Rekening Setya Novanto
Berita

Fredrich: KPK Telah Bekukan Rekening Setya Novanto

Hari ini, KPK menginformasikan Setya Novanto melakukan pengecekan kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM).

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi. Foto: RES
Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi. Foto: RES

Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengklaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membekukan rekening Novanto dan keluarganya sejak 2016. "Sudah sejak 2016. Tanpa alasan hanya ada surat permintaan blokir rekening," kata Fredrich saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Selasa (28/11/2107). 

 

Namun, ia tidak menjelaskan siapa saja rekening dari keluarga Novanto yang telah dibekukan itu. "Tanya saja ke penyidik," kata dia.

 

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah belum bisa menjelaskan lebih lanjut soal pembekuan rekening Novanto itu. "Sifatnya teknis penyidikan. Namun, pemblokiran dan lain-lain merupakan kewenangan penyidik sesuai hukum acara," kata Febri. Baca Juga: KPK Diminta Segera Limpahkan Perkara Setnov ke Pengadilan

 

Dalam penyidikan kasus e-KTP dengan tersangka Anang Sugiana Sudihardjo, KPK telah mencegah Deisti Astriani Tagor, istri Novanti keluar negeri selama enam bulan ke depan sejak 21 November 2017. Deisti juga merupakan mantan Komisaris PT Mondialindo Graha Perdana.

 

Sementara itu, dua anak Novanto yaitu Dwina Michaella dan Rheza Herwindo yang sedianya juga diperiksa sebagai saksi untuk Anang Sugiana Sudihardjo sampai saat ini belum memenuhi panggilan KPK.

 

Sebelumnya, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Deisti Astriani Tagor dan Reza Herwindo yang merupakan istri dan anak Setya Novanto diketahui pernah memiliki saham di PT Mondialindo Graha Perdana, yang merupakan pemegang saham mayoritas dari PT Murakabi Sejahtera, salah satu perusahaan peserta proyek e-KTP.

 

Febri Diansyah juga menginformasikan bahwa Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan pengecekan kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) Jakarta Pusat pada Selasa. "Siang ini Setya Novanto ke RSCM untuk lakukan kontrol setelah rawat inap," kata Febri.

Tags:

Berita Terkait