Kementerian Luar Negeri Keluarkan Inovasi Situs Treaty Room
Aktual

Kementerian Luar Negeri Keluarkan Inovasi Situs Treaty Room

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Kementerian Luar Negeri Keluarkan Inovasi Situs Treaty Room
Hukumonline

Kementerian Luar Negeri RI mengeluarkan inovasi terbaru situs Treaty Room, http://treaty.kemlu.go.id/, yaitu basis data perjanjian internasional yang disediakan dalam rangka pelayanan publik. Situs Treaty Room tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja oleh masyarakat umum. Hal seperti disampaikan dalam keterangan pers yang dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Jumat (12/11).

 

Situs itu berisi berbagai perjanjian internasional yang telah ditandatangani Indonesia sejak meraih kemerdekaan yang merupakan informasi publik. Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional (HPI) Kemlu, Damos D. Agusman, menyampaikan bahwa situs Teraty Room berisi ribuan lebih perjanjian internasional. Menurut Damos, situs yang dikelola oleh Direktorat Jenderal HPI itu merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi Kementerian Luar Negeri kepada masyarakat Indonesia dan asing, serta menjadi sarana edukatif untuk generasi muda.

 

Pengunjung situs Treaty Room terdiri dari berbagai lapisan, antara lain para pembuat kebijakan, anggota parlemen, kalangan pengusaha, pemerhati hukum, analis politik luar negeri, akademisi dan mahasiswa. "Dengan situs Treaty Room masyarakat umum kini dapat dengan mudah menemukan berbagai perjanjian internasional yang ditandatangani Indonesia dengan negara lain," kata Damos. (ANT)

 

Tags: