Rabu, 21 Pebruari 2018
Dari Tanya-Jawab Hingga Buku Ulasan Persoalan Hukum Sehari-Hari
Membaca buku ini memberi manfaat pengetahuan hukum bagi masyarakat mengenai segala permasalahan hukum yang sehari-hari terjadi di sekitar kita.
CR-26
0
Dari Tanya-Jawab Hingga Buku Ulasan Persoalan Hukum Sehari-Hari
Buku berjudul Tanya-Jawab Seputar Permasalahan Hukum (Persoalan dan Solusi Permasalahan Hukum Sehari-hari) oleh Alfin Sulaiman. Foto: CR-26

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-sehari segala aktivitas manusia berhubungan dengan persoalan hukum. Terkadang sengaja atau tidak, ketika kita melakukan pelanggaran hukum, ancaman hukuman sudah menanti tanpa disadari. Hal ini yang membuat Hukumonline beberapa tahun lalu memuat rubrik khusus “Klinik” yang diharapkan orang awam dapat berkonsultasi mengenai permasalahan hukum apa saja yang dihadapi.

 

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, selain diulas oleh tim internal, Hukumonline juga bekerja sama dengan para praktisi hukum. Salah seorang mitra yang setia menjawab pertanyaan-pertanyaan rubrik klinik hukum dari pembaca ialah Alfin Sulaiman, pendiri dari Kantor Hukum Sulaiman&Herling.

 

Kurun waktu 9 tahun, Alfin menghimpun tanya-jawab klinik tersebut kemudian menjadikannya sebuah buku berjudul Tanya-Jawab Seputar Permasalahan Hukum (Persoalan dan Solusi Permasalahan Hukum Sehari-hari).  

 

Buku ini yang terdiri dari 80 pertanyaan tersebut membahas beberapa bidang hukum antara lain: Hukum Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Pertambangan dan seputar profesi hukum.

 

Judul Buku : Tanya Jawab Seputar Pertanyaan Hukum

Penerbit : PT Warta Aksara Sakti

Terbit : Januari 2018

452 halaman

 

Buku ini menjadi penting dibaca tidak hanya bagi kalangan praktisi hukum dan akademisi, tetapi juga masyarakat awam. Sebab, buku setebal 452 halaman ini mengulas permasalahan hukum yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita.

 

Seperti pertanyaan yang diajukan dari pemilik kendaraan mengenai ketentuan hukum penerimaan klaim perusahaan asuransi apabila pemilik kendaraan telah mendapatkan ganti rugi dari si penabrak. Kemudian, terdapat juga pertanyaan dari seorang warga yang terganggu aktivitas hotel ‘gelap’, sehingga ingin menempuh jalur hukum untuk penghentian operasi hotel tersebut.

 

Selain itu, Alfin yang menempuh pendidikan pascasarjana bidang kekhususan Hukum Ekonomi Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini memasukkan pertanyaan-pertanyaan mengenai hukum kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang pada bab awal. Kemudian terdapat juga permasalahan tentang hukum perdata, perusahaan, arbitrase, HAKI, pidana, pertanahan dan bangunan, ketenagakerjaan hingga hukum pertambangan.

 

Dalam kapasitasnya sebagai seorang konsultan, Alfin mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan sistematis. Ia juga menyajikan dasar hukum dan peraturan-peraturan berlaku sehubungan dengan masalah hukum yang dihadapi para pembaca. Sehingga, jawaban yang disampaikan penulis bukan sekadar opini atau tebak-tebakan, tetapi atas dasar hukum yang kuat.

 

Satu hal lagi kelebihan dari buku ini adalah penggunaan gaya bahasa yang ringan, sehingga membuat buku ini semakin menarik dan mudah dipahami berbagai kalangan. Alfin berhasil menyajikan sesuatu yang berbeda dari buku-buku hukum lainnya yang terkesan teoritis (normatif) dan eksklusif. 

 

Selamat membaca!!!

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.