Tindaklanjuti SE Dirjen Perhubungan Udara, Petugas Bandara Periksa Power Bank Penumpang
Berita

Tindaklanjuti SE Dirjen Perhubungan Udara, Petugas Bandara Periksa Power Bank Penumpang

Tidak disita, melainkan dibungkus dengan rapi beserta keterangan identitas pemilik untuk dititipkan dan dapat diambil lagi.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Foto: Setkab
Foto: Setkab

PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta mulai melakukan pemeriksaan power bank milik calon penumpang pesawat terbang. "Pemeriksaan ini sudah kami lakukan sejak minggu lalu, sejauh ini ada tiga yang sudah kami sita," kata Airport Operation and Services Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, seperti dikutip Antara di Solo, Senin (19/3).

 

Purwanto mengatakan nantinya power bank tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya selama identitasnya sesuai dengan keterangan saat pemeriksaan.

 

Purwanto mengatakan pemeriksaan power bank tersebut mengacu pada Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara No.15 Tahun 2018 mengenai power bank dengan daya kurang dari 100 watt hour (Wh) atau 20.000 mAh dapat dibawa oleh penumpang dengan syarat tidak terhubung atau mengisi perangkat saat terbang.

 

Sedangkan jika saat pemeriksaan ditemukan power bank di atas 32.000 mAh maka barang tersebut tidak boleh dibawa dan dititipkan kepada petugas keamanan bandara. "Memang untuk baterei lithium harus dilakukan pemeriksaan seperti itu," katanya.

 

Sementara itu, sebelum ada pemeriksaan, terlebih dahulu pihak bandara melakukan sosialisasi melalui service front liner. Ia mengatakan pada sosialisasi tersebut disampaikan barang yang dilarang ketika berada dalam kabin pesawat.

 

"Prosedurnya kami akan melakukan screening check point demi keselamatan dan kenyamanan penumpang," katanya.

 

Selain melakukan sosialisasi kepada penumpang, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada maskapai penerbangan. "Dengan demikian, maskapai sekaligus bisa melakukan sosialisasi pada masyarakat mengenai larangan penggunaan power bank dengan daya yang tinggi," katanya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait