Sisi Negatif Bagi Pengusaha Bila Facebook Jadi Diblokir Pemerintah
Berita

Sisi Negatif Bagi Pengusaha Bila Facebook Jadi Diblokir Pemerintah

Facebook adalah media sosial yang tidak bisa dihindari pada era digitalisasi dan globalisasi, dan pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Sisi Negatif Bagi Pengusaha Bila Facebook Jadi Diblokir Pemerintah
Hukumonline

Wakil Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulawesi Utara Ivanry Matu mengatakan rencana pemblokiran media sosial Facebook akan merugikan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Menurutnya, Facebook merupakan media sosial yang mudah untuk digunakan dari segala kalangan umur, sehingga menjadi tempat yang strategis bagi pengusaha untuk memperkenalkan dan menjual produk hingga ke tangan konsumen.

 

"Kami menolak Facebook diblokir, karena sebagian besar UMKM memanfaatkan media sosial tersebut dalam promosi dan pemasarannya," kata Ivanry, seperti dikutip Antara di Manado, Kamis (19/4).

 

Dia mengatakan penutupan Facebook itu dapat memunculkan masalah baru dan akan merugikan pelaku usaha yang sering menggunakan Facebook sebagai sarana penjualan.

 

"Facebook kini menjadi tempat menciptakan jutaan entrepreneur di Indonesia utamanya Sulut, saya kurang setuju jika diblokir," katanya lagi.

 

Facebook saat ini, katanya, telah menjadi media marketing bagi pelaku UMKM. "Media sosial sudah menjadi salah satu pasar online yang gratis bagi pelaku usaha, banyak pelaku UMKM juga sudah menjadikan Facebook sebagai tulang punggung," katanya pula.

 

Menurutnya, Facebook merupakan media sosial yang mudah untuk digunakan dari segala kalangan umur, sehingga menjadi tempat yang strategis bagi pengusaha untuk memperkenalkan dan menjual produk hingga ke tangan konsumen.

 

"Facebook itu gratis, pengunaannya sangat gampang, jadi tepat menjadi perantara konsumen dengan produsen," ujarnya.

Tags:

Berita Terkait