Rekor Muri untuk 450 Napi
Foto Essay

Rekor Muri untuk 450 Napi

Sebanyak 450 narapidana dari Sabang hingga Papua memamerkan beragam hasil karyanya.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Rekor Muri untuk 450 Narapidana. Foto: RES
Rekor Muri untuk 450 Narapidana. Foto: RES

Sebanyak 450 narapidana dari 35 lapas/rutan di seluruh Indonesia menjadi bintang Indonesia Prison Art Festival (IPAFest) 2018. Acara ini digelar tanggal 23-24 April 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Selama dua hari penuh, ratusan narapidana dari Sabang hingga Papua memamerkan beragam hasil karyanya. Mulai dari seni tari, kerajinan tangan, fotografi, musik, band, kuliner dan puncaknya adalah drama musikal “Merah Putih Narapidana, Kami Berkarya Maka Kami Ada”, yang ditampilkan oleh 152 narapidana.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Dalam acara puncak yakni drama musikal “Merah Putih Narapidana, Kami Berkarya Maka Kami Ada” menyiratkan makna bahwa narapidana tetap warga negara Indonesia yang cinta terhadap merah putih serta memiliki semangat untuk menjadi warga negara yang diakui eksistensinya.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

IPAFest 2018 merupakan festival seni narapidana pertama di dunia sehingga meraih Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai festival seni dengan narapidana terbanyak. Sebelumnya, para narapidana tersebut telah menjalani serangkaian persiapan dan training camp di Lapas Salemba bersama instruktur dari Institut Kesenian Jakarta.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Pagelaran IPAFest 2018 ini mengusung tema “Bhinneka Tunggal Ika”. IPAFest sendiri merupakan hasil pembinaan kepribadian kemandirian dengan balutan seni budaya yang disuguhkan oleh narapidana dari seluruh nusantara.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

“Saya mendukung sepenuhnya setiap ide kreatif dan inovasi baru dalam menciptakan momen seperti ini yang tidak hanya berskala nasional, namun juga internasional. Momen ini bisa dijadikan momentum bahwa Pemasyarakatan Indonesia sudah menunjukkan perkembangan yang pesat, bahkan sangat bisa menjadi leader di kawasan Asean dan Asia”, ujar Menteri Hukum dan HAM Yasona H. Laoly.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Rangkaian acara IPAFest 2018 lainnya meliputi pameran hasil karya narapidana berupa lukisan yang menampilkan 50 Lukisan hasil buah karya para narapidana. Kemudian, pameran arsip Pemasyarakatan, pameran fotografi yang menyajikan sisi-sisi lain Pemasyarakatan, hingga talkshow “Kami Berkarya Maka Kami Ada” serta kolaborasi musik narapidana dengan sejumlah musisi ternama.

Halaman Selanjutnya:
Tags: