1.285 Akun Diblokir, 143 Juta Pengguna Medsos Berpotensi Terkena Virus Radikal
Berita

1.285 Akun Diblokir, 143 Juta Pengguna Medsos Berpotensi Terkena Virus Radikal

Kemenkominfo terus berupaya memastikan dunia maya bebas dari konten negatif, terutama radikalisme dan terorisme.

Oleh:
Hamalatul Qur'ani
Bacaan 2 Menit
1.285 Akun Diblokir, 143 Juta Pengguna Medsos Berpotensi Terkena Virus Radikal
Hukumonline

Saat ini, agitasi dan propaganda kelompok radikalisme dan terorisme kerap dilakukan di dunia maya atau media sosial (Medsos). Tujuannya, untuk mempengaruhi warganet yang masih bisa dipengaruhi dengan “kampanye-kampanye” mereka.

 

Hal ini disampaikan Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Donny Budi Utoyo dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9) bertajuk "Cegah dan Perangi Aksi Teroris" di Gedung Serba Guna Kemkominfo, Jakarta, Rabu (16/5), seperti dilansir laman Kemenkominfo.

 

“Sekitar dua tahun yang lalu tanpa sengaja saya bersama teman-teman tim sedang masuk ke youtube. Tiba-tiba ada video yang baru di-upload. Menurut saya bagus sekali. Judulnya, “Ayahku Teladanku”. Kami sempat download,” ujar Donny.

 

Menurut Donny, ini video dokumenter yang bagus sekali karena digarap secara profesional. Di film itu diawali ada sekumpulan anak yang sedang latihan baris-berbaris dan latihan bela diri.

 

“Ternyata, ini video ISIS. Menariknya, sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya. Di film itu, seorang anak memberikan testimoni, ‘saya mengikuti teladan ayahku, ayahku dibunuh oleh kafir dan sekarang saya harus membunuh kaum kafir’,” jelas Donny seraya mengutip kalimat di film tersebut.

 

Donny menilai, film ini jelas memiliki tujuan sebagai bagian dari proses mendorong orang menjadi radikal melalui sosial media. Dan, dengan kemasan yang mereka buat di film itu, sangat mungkin sekali ada yang terpengaruh. Khususnya anak-anak.

 

“Jika film ini ditonton oleh anak-anak, sudah bisa dipastikan akan terpengaruh. Karena menurut saya, kemasan dalam film ini dibuat secara profesional dan mudah dicerna anak-anak,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait