Seleksi CHA Ditutup, KY Terima 85 Pendaftar
Aktual

Seleksi CHA Ditutup, KY Terima 85 Pendaftar

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Seleksi CHA Ditutup, KY Terima 85 Pendaftar
Hukumonline

Komisi Yudisial (KY) resmi menutup penerimaan seleksi calon hakim agung (CHA) ditutup pada Kamis (6/9). Tercatat ada 136 orang yang telah mendaftar secara online. Namun, KY mencatat ada 85 orang pendaftar konfirmasi yang terdiri dari 50 orang jalur karier dan 35 orang jalur nonkarier. Para pendaftar konfirmasi tersebut telah melengkapi data secara online melalui http://rekrutmen.komisiyudisial.go.id.

 

“Bila diperinci berdasarkan profesi, para CHA tersebut merupakan 50 orang hakim, 19 orang akademisi, 1 orang notaris, 5 orang advokat dan 10 orang berprofesi lainnya,” ujar Juru Bicara KY Farid Wajdi dalam keterangannya di Jakarta, Jum’at (7/9). Baca Juga: KY Buka Pendaftaran Seleksi CHA 2018

 

Farida mengatakan berdasarkan kategori jenis kelamin, sebanyak 72 orang merupakan laki-laki dan 13 orang merupakan perempuan. Sementara berdasarkan jenis kamar yang dipilih sebanyak 24 orang memilih kamar Pidana; 29 orang memilih kamar Perdata; 16 orang memilih kamar Agama; 6 orang memilih kamar TUN (khusus pajak); dan 10 orang memilih kamar Militer.

 

Selanjutnya, KY akan melakukan rapat pleno penentuan kelulusan administrasi dilaksanakan pada Rabu, 12 September 2018. “Seleksi administrasi ini dilakukan dengan cara meneliti berkas kelengkapan CHA sesuai dengan persyaratan administrasi.” 

 

Seperti diketahui, seleksi CHA ini untuk mengisi 8 orang hakim agung dengan rincian: 1 orang untuk kamar Pidana; 1 orang untuk kamar Agama; 2 orang untuk kamar Militer; 3 orang untuk kamar Perdata; dan 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara khusus pajak. 

Tags: