Foto

Pagelaran Konsultasi Nasional Pembaharuan Hukum Pidana

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Aliansi Nasional Reformasi KUHP menggelar Konsultasi Nasional Pembaharuan Hukum Pidana selama dua hari Rabu-Kamis tanggal 2 dan 3 April 2018, yang terdiri dari enam seminar tematik.
Tema pertama Merancang Arah Pembaharuan Hukum Pidana Indonesia, yang menghadirkan pembicara, (dari kiri) Ketua Umum Peradi Luhut MP Pangaribuan, Direktur Hukum dan Regulasi Bappenas Prahesti Pandanwangi, Kepala BPHN Enny Nurbaningsih dan pengajar Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Agustinus Pohan.
Seminar kedua ini mengangkat tema Reaktualisasi Hukum Adat Dalam Hukum Negara. 
Pembicara yang hadir pada seminar tematik kedua (dari kiri) Dekan FH Katolik Universitas Parahyangan Tristan Pascal Moeliono, Anggota Komisi III DPR RI Erma Suryani Ranik, Dosen Universitas Indonesia Sulistyowati Irianto, Tim Perumus RKUHP Muladi dan Dosen FH UGM Rikardo Simarmata.
​​​​​​​Seminar ketiga ini mengangkat tema Tantangan Harmonisasi Hukum Pidana dan Sistem Peradilan Pidana: Kesiapan Infrastruktur/Kelembagaan dan SDM.
​​​​​​​Pembicara yang hadir pada seminar tema ketiga (dari kiri) Karo Penyusunan dan Penyuluhan Divisi Hukum Mabes Polri Agung Makbul, Ketua Bidang Kajian Hukum dan Perundang-undangan DPN Peradi Nikolas Simanjuntak, Anggota Komisi III DPRI Arteria Dahlan, Hakim Agung dan Ketua Umum Ikatan Hakim Indinesia (IKAHI) Suhadi serta perwakilan Jaksa Agung Muda Pidang Pidana Umum (Jam Pidum) Kejaksaan Agung Heri Jerman.
ads premium storiesads premium stories
Anda bosan baca berita biasa?
Kami persembahkan untuk Anda produk jurnalisme hukum terbaik. Kami memberi Anda artikel premium yang komprehensif dari sisi praktis maupun akademis, dan diriset secara mendalam.
Hanya Rp42.000/bulan
Berlangganan Sekarang