Jumat, 05 Oktober 2001
Dibaca: 15787
Pertanyaan :
aset perusahaan
Bagaiamana pemakaian mengenai asset perusahaan yang khususnya yang disebut dengan benda bergerak dan tidak bergerak? Kebetulan saya lagi membuat daftar asset perusahaan, apa aja yang penting buat saya ketahui, terima kasih sebelumnya
Jawaban :

Dari segi hukum dalam membuat daftar asset perusahaan, yang perlu diperhatikan yang mana sajakah asset perusahaan yang material. Pada prinsipnya, pengertian material disini berarti yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan. Standar akuntansi merupakan acuan yang andal untuk dipegang.

 

Dalam pemeriksaan dari segi hukum, pemeriksaan terhadap asset perusahaan biasanya mengacu pada prinsip-prinsip antara lain sebagai berikut:

  1. Asset perusahaan baik bergerak ataupun tidak bergerak yang bernilai sekurang-kurangnya 5% total nilai asset atau 10% dari total pendapatan per tahun;
  2. Asset perusahaan anak perusahaan juga diperiksa seluruhnya; dan
  3. Pemegang saham utama berbentuk perseroan terbatas (yang mempunyai sekurang-kurangnya 20% dari total hak suara) diperiksa hanya data anggaran dasar dan ijin-ijin.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Justika.com adalah terknologi terbaru hukumonline yang bekerja sebagai pusat informasi yang mempertemukan antara pencari bantuan hukum dan para profesional hukum dibidangnya masing-masing.

Temukan profesional hukum sesuai dengan permasalahan anda didalam jaringan justika.com
PENJAWAB : Bung Pokrol
MITRA : Bung Pokrol