Selasa, 11 Mei 2010
Pertanyaan :
Prosedur Menjadi Penerjemah Tersumpah
Mohon informasi prosedur menjadi penterjemah tersumpah.
Jawaban :

Istilah Penerjemah Bersumpah atau -- yang juga sering ditulis -- Penerjemah Tersumpah sebetulnya merujuk kepada penerjemah teks hukum. Untuk menjadi Penerjemah Bersumpah, Anda harus mengikuti dan lulus Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (LBI-FIBUI) dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

 

Apabila Anda lulus UKP dengan nilai di atas 80 (nilai A), maka Anda berhak untuk disumpah sebagai Penerjemah Bersumpah. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, yang kemudian akan mengeluarkan Surat Keputusan mengenai pengangkatan Anda sebagai Penerjemah Bersumpah.

 

Mereka yang dapat mengikuti UKP adalah pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Menurut situs LBI-FIBUI, pada tahun-tahun mendatang mereka berencana menyelenggarakan UKP di beberapa kota besar di Indonesia dan memfasilitasi agar pemerintah daerah masing-masing dapat mengambil sumpah para penerjemah teks hukum.

 

Untuk informasi selanjutnya Anda dapat menghubungi LBI FIB UI, di Kampus UI Depok, Gedung V Lt.1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, atau di Kampus UI Salemba, Gedung Rektorat Lama Kampus UI Salemba, Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta.

 

Demikian sejauh yang kami tahu. Semoga dapat membantu.

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Justika.com adalah terknologi terbaru hukumonline yang bekerja sebagai pusat informasi yang mempertemukan antara pencari bantuan hukum dan para profesional hukum dibidangnya masing-masing.

Temukan profesional hukum sesuai dengan permasalahan anda didalam jaringan justika.com
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.