Jumat, 10 Pebruari 2006
Dibaca: 27041
Pertanyaan :
Prosedur pendaftaran hak cipta lagu
Saya mau menanyakan tentang prosedur pendaftaran hak cipta dimana bentuk ciptaannya adalah lagu. Berdasarkan Undang-undang No.12 Tahun 1997, dari website http://www.dgip.go.id/article/articleview/32/1/9/ tertulis bahwa untuk lagu: 10 (sepuluh) buah berupa notasi dan atau syair. Apakah prosedur itu berlaku juga pada Undang-undang No.19 tahun 2002? Kalau memang benar, apakah 'HARUS' mendaftarkan 10 lagu baru bisa dilindungi oleh hak cipta untuk lagu yang telah diciptakan? Terimakasih
Jawaban :

Pengertian dari kalimat 10 (sepuluh) buah berupa notasi dan atau syair yang dicantumkan adalah 10 rangkap notasi lagu berikut syairnya (apabila ada).

 

Persyaratan yang Anda sebutkan diatas memang tidak ada pengaturannya di dalam UU No.19 Tahun 2002 maupun perangkat peraturan pelaksanaan di bidang Hak Cipta. 

 

Namun pada prakteknya sekarang, pendaftaran hak cipta atas lagu dimintakan 15 rangkap notasi dari sebuah lagu berikut syairnya serta demo dari lagu tersebut.  Demo tersebut sebaiknya dimasukkan dalam media kaset ataupun CD.

 

Untuk persyaratan lainnya, anda dapat melihatnya di website www.dgip.go.id seperti yang telah anda lakukan sebelumnya.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
PENJAWAB : Bung Pokrol