Rabu, 31 Maret 2010
Dibaca: 10863
Pertanyaan :
Penandatanganan Perjanjian di Luar Negeri
Apabila kita membuat perjanjian di dalam negeri (otentik), maka perjanjian tersebut dipersyaratkan untuk dibuat di hadapan Notaris. Tetapi bagaimana apabila kita ingin membuat perjanjian (otentik) di luar negeri? Dan di mana pengaturannya?
Jawaban :

Perjanjian dibuat di hadapan notaris publik setempat di negara di mana Anda membuat perjanjian tersebut. Dalam hal ini, akta perjanjian yang dibuat harus sesuai dengan ketentuan mengenai peraturan jabatan notaris setempat. Sebagai catatan, syarat materiil sesuai hukum Indonesia yang berlaku bagi WNI yang membuat perjanjian di luar negeri harus dipenuhi. Syarat formil yang harus dipenuhi adalah ketentuan yang berlaku di negara di mana perjanjian dilangsungkan. Harus dilihat apakah peraturan jabatan notaris setempat mengharuskan akta dibuat dalam bahasa mereka atau Bahasa Inggris, atau bisa bahasa pilihan di antara para pihak. Misalnya, Anda membuat perjanjian di hadapan notaris Belanda dan ingin memakai Bahasa Indonesia, harus dilihat peraturan yang berlaku di negara setempat, boleh atau tidak. Kalau harus menggunakan Bahasa Belanda atau Bahasa Inggris, akta perjanjian yang Anda buat menggunakan Bahasa Belanda atau Bahasa Inggris, yang kemudian dapat diterjemahkan resmi ke dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, perjanjian yang dibuat secara otentik harus memenuhi ketentuan yang berlaku di negara setempat, sesuai dengan peraturan jabatan notaris masing-masing negara.

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
PENJAWAB : Alfi Renata, S.H.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.