Jumat, 09 April 2010
Dibaca: 36546
Pertanyaan :
Penerbitan Surat Keterangan Ganti Rugi
Apakah Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) hanya dapat dibuat/diterbitkan oleh Camat PPAT atau bisa diterbitkan oleh Camat biasa? Dan dalam kondisi bagaimana SKGR dapat diterbitkan oleh Camat biasa dan Camat PPAT? Kemudian, biasanya apa dasar hak atas tanah sebelum SKGR diterbitkan?
Jawaban :

Sebenarnya yang disebut Surat Keterangan Ganti Rugi atau SKGR adalah bukti telah diberikannya ganti rugi atas peralihan jual beli bangunan dan pengalihan hak, yaitu atas rumah yang didirikan di atas tanah negara/tanah garapan. Peralihannya juga dilakukan dengan suatu perjanjian jual beli bangunan dan pengalihan hak. 

Surat Keterangan Ganti Rugi dapat dibuat di bawah tangan atau diterbitkan oleh camat (biasa maupun PPAT). Surat Keterangan Ganti Rugi juga dapat dibuat dengan akta notaris. 

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
PENJAWAB : Alfi Renata, S.H.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.