Rabu, 05 Agustus 2009
Dibaca: 8892
Pertanyaan :
hak pemilik saham minoritas
mohon dijelaskan bagaimana hak pemegang saham minoritas bila terjadi merger perseroan terbatas?
Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan.

 

Bila terjadi Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan perseroan terbatas, maka hak pemegang saham minoritas harus diperhatikan [pasal 126 ayat (1) huruf a UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas/UU PT]. Setiap pemegang saham, baik pemegang saham independen maupun minoritas, berhak meminta kepada perseroan agar sahamnya dibeli dengan harga yang wajar apabila yang bersangkutan tidak menyetujui tindakan Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan yang bisa merugikan pemegang saham atau perseroan [pasal 62 ayat (1) UU PT].  Apabila pemegang saham minoritas tidak setuju dengan Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan, maka hal itu tidak menghentikan proses pelaksanaan Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, atau Pemisahan [pasal 126 ayat (3) UU PT].

 

Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat.
 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Redaksi.