Selasa, 02 November 2010
Dibaca: 44190
Pertanyaan :
Modal Dasar PT PMA
Yth. Hukumonline, Kami bermaksud mendirikan sebuah perusahaan PT. PMA, adakah peraturan yang menetapkan batasan modal dasar suatu PT. PMA? Apakah dalam praktek di BKPM ada kebijakan tak tertulis terhadap modal dasar suatu PT. PMA dalam proses pendaftaran/permohonan penanaman modal asing? Terima kasih.
Jawaban :

Mengenai pendirian perusahaan penanaman modal asing (“PMA”), pertama kita perlu melihat Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (“UUPM”) Pasal 5 ayat (2) menyatakan bahwa investasi asing di Indonesia wajib dalam bentuk perseroan terbatas (“PT”), kecuali undang-undang menentukan lain. Oleh karena itu, investasi asing di Indonesia wajib patuh pada ketentuan dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”).

 

Dalam pasal 32 ayat (1) UUPT, ditentukan bahwa modal dasar suatu PT adalah minimal Rp50 juta. Akan tetapi, jumlah minimal modal dasar ini dapat ditentukan lain atau berbeda-beda berdasarkan jenis kegiatan usahanya. Yang menentukan adalah Undang-Undang yang mengatur tentang kegiatan usaha tertentu tersebut (lihat pasal 32 ayat [2] UUPT). Jadi, besaran modal dasar suatu PT dapat berbeda-beda berdasarkan jenis usahanya.

 

Kami kurang paham mengenai kebijakan tidak tertulis dari Badan Koordinasi Pasar Modal (“BKPM”) terhadap modal dasar suatu PT PMA. Ada baiknya Anda konsultasikan masalah tersebut langsung kepada BKPM.

 
Demikian yang kami ketahui, semoga bermanfaat.
 
Dasar hukum:
1.      Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
2.      Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
 

Simak dan dapatkan tanya-jawab seputar hukum perusahaan lainnya dalam buku “Tanya Jawab Hukum Perusahaan” (hukumonline dan Visimedia) yang telah beredar di toko-toko buku.

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Justika.com adalah terknologi terbaru hukumonline yang bekerja sebagai pusat informasi yang mempertemukan antara pencari bantuan hukum dan para profesional hukum dibidangnya masing-masing.

Temukan profesional hukum sesuai dengan permasalahan anda didalam jaringan justika.com
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.