Jumat, 04 Pebruari 2011
Dibaca: 23679
Pertanyaan :
Putusan Pengadilan Perkara Narkotika
Sebelumnya saya berterima kasih kepada hukum online yang sekiranya mau membantu dalam menjawab pertanyaan saya: Apakah harus selalu putusan pengadilan mengenai narkotika berbunyi "dirampas untuk dimusnahkan"? Bagaimana bila bunyi putusan "dirampas untuk negara", apakah hal itu wajar? Dan apakah ada batasan hakim dalam membuat amar putusannya dalam hal ini mengenai barang bukti narkotika? Bila amar putusan itu "dirampas untuk negara", apakah ada peraturan yang dilanggar atau kekeliruan yang hakim lakukan? Saya mohon bantuannya, sekian terima kasih.
Jawaban :

Putusan pengadilan dalam memutus perkara narkotika tidak selalu berbunyi “dirampas untuk dimusnahkan”, akan tetapi dapat juga berbunyi “dirampas untuk negara”. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 101 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (“UU 35/2009”) yang berbunyi:

 

“Narkotika, Prekursor Narkotika, dan alat atau barang yang digunakan di dalam tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika atau yang menyangkut Narkotika dan Prekursor Narkotika serta hasilnya dinyatakan dirampas untuk negara.”

 

Sedangkan, ketentuan mengenai pemusnahan Narkotika diatur dalam Pasal 91 UU 35/2009 yang menyatakan, “Kepala kejaksaan negeri setempat setelah menerima pemberitahuan tentang penyitaan barang Narkotika dan Prekursor Narkotika dari penyidik Kepolisian Negara Republik Indonesia atau penyidik BNN, dalam waktu paling lama 7 (tujuh) hari wajib menetapkan status barang sitaan Narkotika dan Prekursor Narkotika tersebut untuk kepentingan pembuktian perkara, kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepentingan pendidikan dan pelatihan, dan/atau dimusnahkan.”

 

Dengan demikian, apabila Hakim dalam putusannya menyatakan bahwa narkotika tersebut “dirampas untuk negara”, maka hal itu telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku (UU 35/2009).

 
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
 
Dasar Hukum:

Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Justika.com adalah terknologi terbaru hukumonline yang bekerja sebagai pusat informasi yang mempertemukan antara pencari bantuan hukum dan para profesional hukum dibidangnya masing-masing.

Temukan profesional hukum sesuai dengan permasalahan anda didalam jaringan justika.com
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.