Selasa, 11 Desember 2012
Dibaca: 23117
Pertanyaan :
Cucu Saudara Kandung Pewaris Bisa Jadi Ahli Waris?
Seorang laki-laki meninggal dunia tanpa memiliki ahli waris (hidup sebatang kara) kecuali satu orang cucu dari pihak saudara kandungnya. Berhakkah cucu mendapatkan harta waris si kakek? Bagaimana pembagiannya? Terima kasih.
Jawaban :

Dengan asumsi saudara kandung pewaris (kakek cucu tersebut) dan ayah si cucu tersebut sudah meninggal terlebih dahulu dari pewaris, maka sang cucu dapat tampil menggantikan kedudukan kakeknya dan ayahnya tersebut.

 

Jadi, si cucu sebagai ahli waris pengganti atau bijplaatsvervulling (lihat Pasal 842 KUHPerdata) dari kakeknya yang merupakan saudara kandung dari Pewaris yang memang sebatang kara. Berdasarkan KUHPerdata, kakek tersebut adalah ahli waris Golongan II dari Pewaris. Hal tersebut berdasarkan ketentuan Pasal 856 KUHPerdata yang berbunyi:

Apabila seorang meninggal dunia dengan tidak meninggalkan keturunan maupun suami/isteri, sedangkan baik bapak maupun ibunya telah meninggal dunia lebih dulu, maka seluruh warisan adalah hak sekalian saudara laki dan perempuan dari si meninggal.”

 

Untuk penjelasan lengkapnya bisa Anda di dalam artikel Siapakah Yang Berhak Mewaris?

 

Catatan: Jawaban pertanyaan tersebut ada pula penjelasannya di buku Kiat Cerdas Mudah dan Bijak Dalam Memahami HUKUM WARIS – Karya: Irma Devita Purnamasari, S.H., M.Kn. (Kaifa, Desember 2012).

 
Dasar hukum:

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek, Staatsblad 1847 No. 23)

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Justika.com adalah terknologi terbaru hukumonline yang bekerja sebagai pusat informasi yang mempertemukan antara pencari bantuan hukum dan para profesional hukum dibidangnya masing-masing.

Temukan profesional hukum sesuai dengan permasalahan anda didalam jaringan justika.com