hukumonline
RUBRIK KLINIK
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline, silakan login, atau Daftar ID anda.

Kamis, 10 Januari 2013
Pertanyaan:
Tata Cara Pengajuan Pembebasan Tanah kepada Perusahaan Tambang Batubara
Saya ingin bertanya, landasan hukum untuk mengajukan pembebasan lahan masyarakat ke perusahaan tambang batubara seperti apa? Menyangkut lingkungan tempat tinggal yang sudah tidak sehat. Terima kasih.
lingkungan.banua@gmail.com
Jawaban:
http://images.hukumonline.com/frontend/lt4f7b01e3d01b0/lt4f8d3d207785c.jpg

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan kepada kami.

 

Kami mengasumsikan maksud dari pertanyaan saudara bahwa masyarakat ingin menjual tanah milik mereka kepada perusahaan tambang batubara yang beroperasi di sekitar wilayah tanah tersebut. Simak jawaban kami di bawah ini:

 
A. Hak Asasi Manusia Atas Lingkungan Hidup

1.    Pasal 28H ayat (1) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

“Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.”

 

2.    Pasal 65 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

 

(1)   Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia.

(2)   Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses partisipasi, dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

(3)   Setiap orang berhak mengajukan usul dan/atau keberatan terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup.

(4)   Setiap orang berhak untuk berperan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundang‑undangan.

(5)