Senin, 10 April 2017
Dialog Interaktif BEKRAF Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Dunia
YI/FD
Dibaca: 3378 Tanggapan: 0
Tema yang diusung dalam Hari Kekayaan Intelektual Dunia adalah tentang bagaimana setiap harinya, masyarakat dapat menghargai setiap karya seseorang dengan menghindari pembajakan. Dikaitkan dengan ekonomi kreatif, peranan Kekayaan Intelektual di sini adalah mendorong publik untuk menghargai dan mengapresiasi hasil karya kreatif. Sangat penting bagi masyarakat luas untuk paham bagaimana caranya menghargai hasil karya tersebut dengan tidak melakukan pembajakan, terutama di era digital saat ini yang rentan akan pembajakan secara online maupun offline. dan diharapkan pemahaman tersebut dapat mendorong terlahirnya berbagai hasil karya baru dan inovatif yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
 
Diharapkan, perayaan Hari Kekayaan Intelektual Dunia yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual, dan di saat yang sama mendorong peran aktif masyarakat dalam mencari solusi kreatif untuk memecahkan berbagai permasalahan yang saat ini dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Rangkaian acara World IP Day 2017 yang diselenggarakan oleh BEKRAF terdiri dari lomba menggambar poster dan lomba membuat film pendek yang telah dilaksanakan selama bulan April 2017. Kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif, pameran, dan hiburan musik pada tanggal 29 April 2017 di FX Mall Sudirman, mulai pukul 11.00-20.00 WIB.

Dialog yang dimoderatori oleh Rieke Caroline ini berjalan dengan baik dan lancar. Narasumber rmemberikan materi dengan baik dan peserta aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Narasumber yang hadir dalam dialog interaktif adalah:
1. Ari Juliano Gema (Deputi Bidang Fasilitasi HKI dan Regulasi BEKRAF);
2. Salmon Pardede (Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa DItjen KI Kementerian Hukum dan HAM RI);
3. Aidil Chenderamata (Direktur Keamanan Informasi DItjen APTEL Kementerian Komunikasi dan Informatika RI);
4. AKBP Zahwani Pandra Arsyad (Kasubbag Opinev Bag Penum Div Humas MABES POLRI);
5. Gunawan Bagaskoro (Sekjen Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia);
6. Rachel Amanda (Sktris);
7. Kevin Aprilio (Musisi); dan
8. Rinda Salmun (Fashion Designer).

Adapun booth pameran yang tersedia dalam kegiatan ini adalah dari kalangan pemerintah, asosiasi, komunitas, dan pelaku ekonomi kreatif, yaitu:
1. Asosiasi Konsultan HKI Indonesia;
2. Ditjen KI Kementerian Hukum dan HAM RI;
3. MATATA;
4. Kopi Taman Tiga;
5. Jaladara;
6. Litebig;
7. Ruang Film Bandung;
8. Komunitas Logika Rasa; dan
9. MOX.id.

Adapun booth BEKRAF diisi dengan fasilitas pendaftaran HKI gratis bagi seluruh peserta dialog interaktif. Kemudian ada pula hiburan musik diisi oleh penampilan terbaik dari band V1MAST dan grup vokal Kevin 'n The Red Rose.


 
Kegiatan ini dipersembahkan oleh:

BADAN EKONOMI KREATIF INDONESIA (BEKRAF)