Rabu, 06 September 2017
Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum
Pelatihan Hukumonline.com untuk fresh graduate hukum dan mahasiswa fakultas hukum tingkat akhir yang memasuki tahap pencarian pekerjaan
AJ/ES
Dibaca: 655 Tanggapan: 0


Mahasiswa Fakultas Hukum setelah berhasil menyelesaikan perjalanan studinya, merupakan suatu keharusan untuk menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Tidak sedikit yang menentukan pilihan untuk bekerja. Seorang fresh graduate Sarjana Hukum seringkali berkutat mengejar karier sebagai Pengacara, Jaksa, Hakim, atau Notaris. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada banyak pilihan pekerjaan yang juga membutuhkan lulusan Fakultas Hukum.


Selain itu, seorang fresh graduate Hukum pun masih banyak yang terkaget-kaget saat memasuki dunia pekerjaan. Mayoritas mengeluh karena merasa belum mendapatkan ilmu atau keterampilanyang dibutuhkan di dalam pekerjaannya semasa kuliah dulu. Oleh karena itu, para fresh graduate hukum perlu memahami jenis-jenis pekerjaan apa saja yang dapat mereka jajaki, dan tata cara melalui seleksinya, serta cara mengasah keterampilan yang dibutuhkan di dunia pekerjaan. Hukumonline.com kemudian mengadakan Pelatihan  dengan judul “Bimbingan Kerja untuk Fresh Graduate Hukum” bagi fresh graduate Hukum maupun mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum selama tiga hari.


Sesi pertama dibuka oleh Bapak Bono, Managing Partner dari Assegaf Hamzah & Partners. Bono Daru Adji bersama M. Rinaldi dari lawfirm AHP menjelaskan hal-hal yang dibutuhkan oleh seorang corporate lawyer, serta tips & trick untuk menjalani profesi ini. Sesi kedua dilanjutkan oleh Ibu Seradesy, seorang Country Legal Counsel dari PT 3M Indonesia. Ibu Desy memaparkan banyak hal tentang deskripsi pekerjaannya serta pengalaman dalam bekerjasama lintas unit mulai dari HRD, Internal Audit, Compliance, Corporate Secretary, hingga langsung berurusan dengan jajaran Direksi.


Hari kedua diawali dengan materi kupas tuntas Hukum Dagang dan Hukum Perusahaan dari Bapak Arief, salah satu pendiri Kantor Hukum Lubis Ganie Surowidjojo. Sesi terakhir hari kedua ditutup oleh Bang Kadri dan Kak Gaby dari Akset dengan pendalaman legal due diligence (LDD). Bang Kadri memaparkan jenis-jenis, tujuan serta lingkup dari berbagai jenis LDD, hingga teknis menyusun laporan LDD.


Hari ketiga, hari terakhir pelatihan Hukumonline.com menghadirkan Ibu Ratih seorang Director of Legal and Corporate Secretary PT Vale Indonesia Tbk. Ibu Ratih berbagi banyak tentang seluk-beluk pekerjaan Corporate Secretary yang menurutnya sangat cocok diisi orang hukum untuk penerapan Good Corporate Governance. Materi penutup pelatihan ini diberikan oleh tim Hukumonline dengan teknik menyusun ringkasan dan analisis peraturan, khususnya untuk membuat legal memo. Materi ini dibawakan oleh Manajer Penelitian dan Analisis Hukum divisi Hukumonline English, Robert Sidauruk bersama dengan salah satu analis hukum, Ricky Pratomo.


Secara umum, Pelatihan ini berjalan dengan lancar, dimana seluruh peserta sangat antuasias dalam menerima materi dan berdiskusi. Pelatihan ini dilaksanakan di Hukumonline Training Center, 29 - 31 Agustus 2017 lalu.