Selasa, 12 Desember 2017
Penyelenggaraan Kegiatan Sistem Pembayaran Digital di Indonesia: Regulasi, Perizinan, dan Implementasi
Diskusi ini ditujukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari pelaku usaha dan praktisi hukum mengenai kegiatan sistem pembayaran digital di Indonesia
DG/ES

Perkembangan teknologi digital dewasa ini telah membawa serta pula arus perubahan di tiap sendi masyarakat Indonesia. Hampir seluruh bagian dari kehidupan masyarakat kita hari ini telah mengalami perubahan karena perkembangan teknologi digital, baik dari segi formil hingga nilai-nilai dalam keseharian kita. Di bidang ekonomi, perkembangan teknologi digital ini juga telah menciptakan sebuah dampak yang besar terhadap pelaksanaan kegiatan ekonomi kita.

Implikasi dari perkembangan teknologi digital di dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi kita tentunya tidak hanya berpengaruh kepada bagaimana kemudian usaha tersebut dijalankan namun juga terhadap sistem pembayaran. Perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia selama kurun waktu beberapa tahun terakhir menunjukkan tren positif, sering juga dengan perkembangan industri fintech.

Berlandaskan hal tersebut, Hukumonline.com bekerjasama dengan AKSET Law Firm menyelenggarakan diskusi yang bertajuk “Penyelenggaraan Kegiatan Sistem Pembayaran Digital di Indonesia“.

Pada pelaksanaan diskusi, M. Ajisatria Suleiman selaku Direktur Kebijakan Publik dari Asosiasi Fintech Indonesia memaparkan sejumlah fakta dan kondisi terkini serta peluang dan tantangan dari industri fintech di Indonesia. Kemudian, dilanjutkan oleh Abadi Abi Tisnadisastra selaku Partner dari AKSET Law Firm yang menjelaskan mengenai perkembangan dari instrumen pembayaran digital di Indonesia, kerangka kerja dari pengaturan dari pembayaran digital, licensing overview, regulatory sandbox, dan juga masa depan dari instrumen pembayaran digital.

Setelah itu, Imam Subarkah selaku Direktur Departemen Hukum Bank Indonesia menjelaskan mengenai dasar hukum dari sistem pembayaran digital, perkembangan sistem pembayaran, dan juga tantangan serta respons dari pengaturan sistem pembayaran digital. Setelah pemaparan dilakukan oleh ketiga Narasumber, diskusi dilanjutkan ke dalam sesi tanya jawab dipandu oleh Setyo Harsoyo yang juga merupakan CEO dari Sprint Asia Technology guna mengeksplor lebih dalam lagi mengenai isu-isu penting dalam penyelenggaraan sistem pembayaran digital di Indonesia.

Secara garis besar, pelaksanaan diskusi yang bertempat di Le Meridien Hotel, pada tanggal 12 Desember 2017 lalu tersebut berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.