Jumat, 06 April 2018
Tantangan Perpustakaan Hukum di Era Informasi Digital
Kenali Peluang dan Tantangan Pekerja Informasi Hukum di Era Disrupsi Digital!
AM/GC

Masuknya globalisasi dan disrupsi era digital menyebabkan peran perpustakaan hukum sebagai sumber memperoleh ilmu dan informasi sedikit mengalami perubahaan. Sebagai salah satu tempat masyarakat memperoleh informasi, perpustakaan mengalami pergeseran peran. Kini perpustakaan tergerus oleh sumber informasi yang dapat diperoleh langsung oleh masyarakat melalui internet. Bahkan dengan gadget-nya masyarakat dapat dengan mudah mengakses beragam jenis informasi. Pergeseran itu terjadi pada perpustakaan hukum. Diskusi ini akan membahas sub-topik menarik, diantaranya:

  • Peran perpustakaan hukum dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan era digital penyediaan informasi dan dokumentasi hukum
  • Peningkatan layanan kepada pembaca/ user
  • Pengembangan kapasitas dan kompetensi pekerja informasi dalam menghadapi era teknologi digital
  • Pengembangan kapasitas sistem manajemen perpustakaan dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan
  • Aspek hukum yang terkait dengan upaya digitalisasi bahan/ data informasi hukum
  • Layanan hukum yang diperlukan dalam pencarian peraturan perundang-undangan
  • Peran Asosiasi pekerja informasi hukum dalam pemanfaatan era digital

Hukumonline.com mengundang librarian, sebagai stakeholders hukumonline.com untuk hadir dalam Hukumonline.com Librarian Day 2018: Tantangan Perpustakaan Hukum di Era Informasi Digital, yang akan diselenggarakan pada Kamis, 12 April 2018, pukul 13.30-17.00 WIB bertempat di Hukumonline.com Training Center, AD Premier Office Park 9th Floor, Jalan TB Simatupang No. 5 Jakarta Selatan.

 

Diskusi ini akan dihadiri oleh Dr. Fuad Gani, S.S., MA (Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia)

Dr. Fuad Gani, S.S., MA merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia, beliau aktif memberikan kuliah diantaranya Informasi dalam Konteks Sosial pada Program Pasca Sarjana UI dan pengajar Aspek Hukum dalam informasi JIP FSUI serta mata kuliah lainnya yang berkaitan dengan Ilmu Perpustakaan. Beliau aktif menjadi moderator dan pembicara pada beberapa seminar, diantaranya menjadi moderator dalam Seminar Manajemen Kearsipan dan Narasumber dalam Workshop on Issues and Challenges on Developing Professional LIS Education and Training in Indonesia and within the ASEAN region, Jakarta, 1995.
 
Selama diskusi berlangsung, diskusi akan dimoderatori oleh Paramitha Kusumawardhani (Sekretaris Asosiasi Pekerja Informasi Hukum Indonesia)
Paramitha Kusumawardhani atau akrab disapa Mita merupakan Sekretaris dari Asosiasi Pekerja Informasi Hukum Indonesia (APIHI), Beliau mengambil Diploma Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia dan mendapatkan gelar sarjana pada program Ilmu Perpustakaan di Universitas Padjadjaran. Beliau mengawali karir sebagai pekerja informasi di Perpustakaan MM Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia. Sejak bulan Agustus 2007 hingga sekarang, Mita bergabung menjadi salah satu Librarian di Kantor Hukum Hadiputranto, Hadinoto & Partners (Member of Baker McKenzie International)
 
Bagaimana seharusnya perpustakaan hukum menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan era digital? Temukan Jawabannya dalam diskusi Hukumonline ini! Daftarkan diri Anda segera ke Alvin Mediadi dan Galuh Chandra melalui e-mail [email protected]; [email protected] atau telfon di (021) 2270 8910.