3 Kesan Ketua STH Indonesia Jentera Terhadap Prof Erman Rajagukguk
Utama

3 Kesan Ketua STH Indonesia Jentera Terhadap Prof Erman Rajagukguk

Mulai dari figur tanpa pamrih, berkontribusi terhadap pendidikan hukum di Indonesia, dan seorang reformis.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 5 Menit
Ketua STH Indonesia Jentera Arief T Surowidjojo dalam acara Tribute to Prof Erman, Selasa (4/10/2022). Foto: ADY
Ketua STH Indonesia Jentera Arief T Surowidjojo dalam acara Tribute to Prof Erman, Selasa (4/10/2022). Foto: ADY

Wafatnya Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Prof Erman Rajagukguk, Selasa (23/8/2022) silam membawa kesedihan yang mendalam terutama bagi civitas akademika Indonesia. Semasa hidupnya Prof Erman telah memberikan banyak sumbangsih pemikiran bagi perkembangan dunia pendidikan hukum di Indonesia.

Karena tekad dan pengabdiannya yang besar dalam dunia pendidikan, Prof Erman mendapat penghargaan berupa piagam “Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya” pada 2001; “Honorary Initiation” dari Universitas of Washington Chapter of The Order of The Coif pada November 2011; serta “Lifetime Achievement Award” dari FHUI pada 12 Juni 2013.

Prof. Erman dikebumikan di Desa Kopang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (24/8/2022) sore. Banyak murid dan akademisi yang hadir untuk mengantarkan beliau menuju peristirahatan terakhir.

Baca Juga:

Untuk mengenang jasa Prof Erman, Hukumonline dan STH Indonesia Jentera telah menyelenggarakan acara Tribute to Prof Erman dengan bertajuk "Mengenang Prof. Erman Rajagukguk, Sang Pendidik Sejati,” Selasa, 4 Oktober 2022. Acara yang digelar secara daring itu dapat dilihat melalui zoom meeting dan youtube Hukumonline.com.

Dalam sambutannya, Ketua STH Indonesia Jentera, Arief T Surowidjojo, percaya ada banyak cara untuk mengenang Prof Erman. Setiap murid, kerabat, dan koleganya pasti memiliki pengalaman yang bermakna dengan beliau. Rasa haru dan bangga terhadap beliau karena telah memberi arti dalam kehidupan kita masing-masing.

Arief mencatat setidaknya ada 3 hal yang berkesan tentang prof Erman. Pertama, Prof Erman adalah figur yang selalu tanpa pamrih memberi dorongan dan semangat bahkan materi bagi anak didik serta koleganya untuk mendapatkan karier hukum yang lebih baik. Misalnya, beliau memberikan rekomendasi dan berbagai hal yang dibutuhkan murid-muridnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait