4 Langkah Mengembangkan Potensi Ekonomi Berbasis Digital
Terbaru

4 Langkah Mengembangkan Potensi Ekonomi Berbasis Digital

Seperti memindahkan pusat data ekonomi digital ke dalam negeri, hingga membuat perangkat regulasi.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Perkembangan teknologi berdampak terhadap berbagai kegiatan transaksi perekonomian di tanah air. Perubahan perilaku dalam kegiatan berusaha dari cara konvensional menjadi digital memiliki potensi besar terhadap perekonomian nasional.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan potensi ekonomi digital harus ditindaklanjuti dengan sejumlah hal terutama instrumen yang mengatur dan mendukung digitalisasi dalam perekonomian. Ada empat langkah yang dapat ditempuh dalam memaksimalkan potensi ekonomi digital. Pertama, layak ditempuh memindahkan pusat data ekonomi digital ke dalam negeri.

“Sebagian pusat data ekonomi digital yang menggunakan aplikasi dari luar negeri harus dipindahtangankan ke dalam negeri. Pusat data menjadi segalanya dan tak boleh berada di negara investor,” ujar Tauhid dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Kedua, alih teknologi dalam bidang ekonomi digital harus dilakukan secara optimal dan maksimal. Dia beralasan langkah tersebut berkenaan dengan peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat berkarya dalam ekonomi digital. Apalagi model berniaga sudah melalui e-commerce, travel online, dan lain-lain.

Ketiga, penguatan produk lokal wajib digenjot agar dapat berdaya saing dengan produk luar negeri. Pasalnya, sebagian besar produk yang terdapat di dalam negeri merupakan barang impor yang masih merajai pasar, ketimbang barang lokal. Misalnya barang-barang elektronik, lisensi, hingga video.

Keempat, pemerintah harus menyediakan berbagai instrumen perangkat regulasi yang mendukung perkembangan ekosistem ekonomi digital. Menurutnya, pemerintah pun harus menyediakan infrastruktur yang mampu menjangkau seluruh pelosok wilayah nusantara. “Kalau ekonomi digital berkaitan misalnya data pribadi, sistem pembayaran, dan sebagainya. Agar ini bisa menjangkau seluruh wilayah, yang penting infrastruktur digital,” katanya.

Sementara pengamat ekonomi digital, Heru Sutadi mengatakan ekonomi digital mesti dapat dimaksimalkan menjadi tulang punggung perekonomian nasional di masa mendatang. Apalagi ekonomi digital amat inklusif untuk diterapkan ke berbagai sektor. Menurutnya, prinsip ekonomi digital soal bagaimana membangun ekonomi kerakyatan yang inklusif.

Tags:

Berita Terkait