5 Ide Kegiatan Ngabuburit yang Menarik Bikin Ramadhanmu Super Produktif!
Terbaru

5 Ide Kegiatan Ngabuburit yang Menarik Bikin Ramadhanmu Super Produktif!

Agar ngabuburitmu semakin produktif, tak ada salahnya jika kamu mencoba kegiatan yang bermanfaat dibawah ini, mulai dari merencanakan kegiatan buka bersama, hingga belajar bersama Online Course Hukumonline.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi by Hukumonline
Ilustrasi by Hukumonline

Ngabuburit merupakan salah satu kegiatan khas yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadhan. Biasanya mereka mengisi kegiatan ngabuburit dengan berbagai aktivitas pada menjelang waktu berbuka puasa.

Selain melakukan kegiatan yang sifatnya menghibur, tak ada salahnya jika kamu mencoba kegiatan yang bermanfaat dibawah ini agar ngabuburit ramadhan semakin produktif.

  1. Rencanakan Buka Bersama dengan Sahabat dan Kerabat

Setelah melewati hari-hari yang padat, baik itu kita sibuk karena bekerja, kuliah, dan aktivitas lainnya, tentu membuatmu jarang memiliki quality time bersama teman dan kerabat. Mungkin merencanakan buka bersama dengan mereka bisa menjadi alternatif kegiatan yang menarik.

Yuk mulai hubungi teman dan kerabat jauhmu yang sudah tidak lama bersua untuk kembali menjalin silaturahmi bersama.

  1. Bersedekah

Bulan Ramadhan adalah waktu dimana semua umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu kebaikan yang dapat kamu lakukan adalah menyisihkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan. Untuk bersedekah, kamu juga tidak harus mengeluarkannya dalam bentuk materi seperti uang, barang, dan makanan, kamu juga bisatetap bersedekah dengan membagikannya melalui ilmu yang disebut sebagai sedekah jariyah.

  1. Berburu Takjil

Berburu takjil merupakan kegiatan yang mengasyikkan bagi sebagian besar orang. Ini juga bisa menjadi alternatif Ngabuburit ramadhan kamu loh. Kamu bisa berjalan-jalan bersama saudara atau teman di sekitar taman perumahan sembari mencari jajanan favorit. Takjil itu sendiri kita maknai sebagai kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, walaupun dalam bahasa Arab kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.

  1. Menonton Kajian Agama

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Sehingga, menonton siaran dakwah, tausiyah atau kultum (kuliah tujuh menit) bisa menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan agamamu. Terlebih, di era serba digital seperti ini, kamu bisa mendengarkan kajian agama hanya melalui handphone saja.

Halaman Selanjutnya:
Tags: